Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Mengpercantik Teras Rumah

Teras ibarat “muka” dari sebuah rumah. Layaknya sebuah muka, maka tampilan yang menarik harus bisa diperlihatkan. Teras juga selayaknya merepresentasikan bagaimana nuansa yang ingin ditampilkan sang tuan rumah kepada tamu yang datang.

Salah satu yang dapat mempercantik teras adalah tanaman. Tanaman bisa menjadi elemen dekorasi teras yang menarik. Banyaknya jenis tanaman hias, mungkin membuat kita bingung memilih tanaman yang cocok untuk teras rumah.

Sebagai referensi, berikut beberapa jenis tanaman yang cocok untuk menghiasi teras rumah Anda.

1. Peace lily

Selanjutnya adalah tanaman Peace Lily. Bentuk daunnya yang lebar dan warna hijau cerahnya dijamin bikin teras rumah terasa segar. Bunganya yang berwarna putih bersih juga sangat cantik.

Cara merawat Peace Lily tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memastikan tanaman ini terkena cahaya matahari secara tidak langsung.

Keuntungan memelihara tanaman hias Peace Lily adalah dapat meningkatkan kualitas udara di lingkungan sekitarnya dan membawa keberuntungan, lho.

2. Calathea lutea

Rumah modern yang ingin menghadirkan kesan tropis biasanya memakai tanaman pisang kalatea atau Calathea lutea di tamannya. Ya, tanaman berdaun lebar ini memang sangat cantik dan rimbun sehingga bisa langsung memberi suasana hijau.

Pada teras, Calathea bisa ditempatkan tersusun memanjang sebagai pembatas. Jika teras masih memiliki ruang lebih, Anda dapat memadupadankan dengan pohon tabebuya kuning seperti pada desain rumah karya Sima Creation di atas.

3. Keladi hias

Keladi hias, atau disebut juga dulu talas, merupakan jenis tanaman hias yang cocok untuk menghadirkan suasana tropis. Hal ini lantaran keladi hias memiliki daun yang lebar dan mengelompok dengan warna hijau yang cerah.

Tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias teras dengan meletakkannya di sudut sebagai dekorasi dan aksen. Penggunaan pot yang sederhana sudah cukup karena daya tarik daunnya harus ditonjolkan.

4. Heliconia dan Aglonema

Bagi pecinta tanaman, heliconia dan aglonema tentu bukan tanaman yang asing lagi. Tanaman yang sudah lama dicintai ini memang sangat cantik dijadikan tanaman hias taman dan teras. Tidak hanya di dalam pot plastik, Anda bisa juga menanam heliconia dan aglonema di planter box secara massal seperti pada foto di atas.

5. Palem phoenix

Jika teras rumah Anda terbilang cukup luas, tanaman palem phoenix patut dijadikan pilihan. Memiliki karakter bentuk yang kuat, palem yang bisa ditanam di dalam pot ini juga mudah dalam perawatan. Seperti pada desain di atas, palem phoenix sangat cantik ditempatkan di sisi kanan kiri pintu utama.

Di sisi lainnya, Anda bisa pula menempatkan tanaman hias heliconia sehingga tercipta struktur tinggi-rendah yang memanjakan mata.

6. Monstera dan Philodendron 

Siapa tak kenal monstera  dan philodendron. Dua tanaman ini menjadi primadona lantaran memiliki karakter daun lebar yang khas. Kesan tropis yang kuat pada dua tanaman ini menjadikannya cocok dijadikan tanaman hias teras untuk membuat teras menjadi lebih segar. Agar tetap cantik dan mengkilap, Anda harus rutin membersihkan daun tanaman ini.

Ternyata tanaman hias untuk teras rumah cukup beragam, ya. Anda juga tak perlu ragu untuk memadupadankan antara dua atau lebih jenis tanaman sehingga tercipta harmonisasi yang memikat mata.

Tips dan Trik Membuat kamar Nyaman

Sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang bisa ditata pada hunian rumah, seperti halnya kamar tidur. Yah kamar tidur, adalah tempat yang paling privasi oleh si pemilik hunian. Dimana, ditempat ini akan menjadi tempat yang selalu dihabiskan di sepanjang malam dan juga tempat untuk mengawali hari pagi. Semua orang pasti selalu mengutamakan kenyamanan pada hunian, dan tidak sedikit orang pula yang menginginkan kenyamanan tersebut didapatkan dari desain interior dengan balutan kemewahan.

Lalu apakah ada tips dan trik untuk menata kamar tidur agar memiliki tampilan mewah namun masih memiliki simple? Tentu saja, mau tau bagaimana cara?? Yuk simak ulasannya seperti berikut ini!

Fokus Pada Ukuran Kamar

Perlu untuk memperhatikan ukuran kamar agar dapat menyesuaikan dengan pilihan desain yang diinginkan, apalagi jika kamu menginginkan kamar tidur yang mewah dan elegan namun tetap simple. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur ukuran ruangan dan mempertimbangkan furniture atau dekorasi yang akan ditempatkan di dalamnya.

Sebagai contoh jika memiliki sebuah kamar tidur dengan ukuran yang kecil, tentunya kamu perlu menghitung dan mempertimbangan prioritas furniture yang akan digunakan. Karena kamu tidak bisa dengan mudah meletakkan banyak furniture ke dalamnya, maka dari itu pastikan agar tidak membuat kamar menjadi sempit dan sumpek. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui ukuran ruangan terlebih dahulu.

Gunakan Furniture Dengan Sesuai Tema

Sebelum memilih furniture yang akan digunakan, baik dari segi model hingga warna. Ada baiknya untuk menentukan tema apa yang akan digunakan. Misalnya, pada hunian modern minimalis kamu cukup menggunakan beberapa furniture ataupun mengubahnya menjadi furniture multifungsi. Namun jika ingin terlihat lebih mewah kamu bisa menggunakan warna rose gold ataupun cream (warna bumi) dengan sentuhan gold sebagai menunjang tampilan luxury. Hal ini pastinya akan menjadi ciri khas yang akan menghadirkan nuansa tertentu pada kamar tidur.

Tahapan yang terpenting adalah konsistensi tema dengan furniture yang akan diaplikasikan. Pastikan untuk menggunakan furniture yang serasi dan selaras dengan tema yang akan ditonjolkan didalamnya. Jika perlu, kamu juga bisa menyesuaikan komposisi warna cat dinding dengan warna furniture ruangan agar hasilnya terlihat lebih maksimal.

Tidak Dominan Material Kayu

Memang benar jika memberikan sentuhan material kayu pada dekorasi kamar tidur sangat baik. Namun apabila semuanya terlalu mendominasi, justru hal itu akan menjadi tidak baik. Beberapa furniture sebenarnya sangat cocok pada material yang satu ini, bahkan selalu digadang-gadang menjadi material dan desain terfavorit pada sebagian orang. Nyatanya, tidak semua orang sanggup untuk merogoh kocek yang besar untuk penggaplikasianya.

Tetapi jika kamu memiliki ruangan yang lebar dan uang yang cukup, maka tentu boleh-boleh saja melakukannya. Namun hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak memiliki furniture, karena nantinya akan merusak gaya desain atau tema yang sudah diaplikasikan. Gunakanlah dengan porsi yang pas agar nuansa mewah, hangat, dan lapang akan tercipta.

Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu hal yang penting pada saat menata ruangan baik dari tampilan warna dan tempat pengaplikasiannya. Jika penggunaannya tidak tepat, kemungkinan desain atau hal yang ingin ditampilkan tidak akan menonjol dan malah merusak semua dekorasi yang ada. Pencahayaan yang dimaksud disini adalah cahya yang terdapat dari mana saja baik dari alam seperti jendela ataupun buatan seperti lampu.

Jika pencahayaan berasal dari buatan yakni lampu, juga harus perlu diperhatikan pada saat pemilihan bahan serta warna lampu yang akan digunakan. Mungkin akan terlihat sepele, namun siapa sangka hal inilah yang nantinya akan memberikan pengaruh besar pada nuansa kamar tidur. Terlebih jika kamu menginginkan tampilan interior dengna  desain yang mewah pada kamar tidur.

Sentuhan Batu Alam

Tips yang terakhir adalah menggunakan batu alam sebagai dekorasi yang akan memberikan kesan mewah dan elegan. Contoh dari penggunaan batu alam itu sendiri adalah marmer dan granit. Dua jenis ini sangatlah cocok untuk diaplikasikan pada berikut ini:

  1. Kepala Tempat Tidur (headboard), marmer dapat menggunakan sebagai material headboard pada tempat tidur untuk memeberikan tampilan yang lebih berkelas dan mewah.
  2. Dinding (wall), sama seperti sebelumnya penggunaan marmer di salah satu sisi dinding kamar ataupun menampilkan potongan onyx yang dilengkapi pencahayaan di sekitarnya. Tentunya akan membuat tampilan super mewah akan semakin terpancar. Kamu bisa mengaplikasikan di sisi yang sama dengan headboard ranjang.
  3. Lantai (floor), baik granit atau mamer sudah pasti sangat cocok pada bagian lantai bukan? Terlebih jika di dominasi dengan warna putih, tampilan mewah dan bersih pasti akan terlihat begitu jelas dan pastinya kaan menimbulkan kesan tenang dan nyaman bagi si pemilik.

6 Tips Dan Trik Desain Kamar Tidur Mewah

Mungkin sebagian orang mempunyai keinginan untuk memiliki kamar tidur yang mewah dan elegan namun tidak terlalu mencolok. Layaknya simple tapi modis? Jika iya, maka kamu sangat tepat untuk membaca artikel ini.

Memang tidak diragukan lagi, desain kamar tidur yang mengusung konsep mewah seperti ini tengah banyak sekali digemari khususnya modern minimalis. Dengan alasan konsep desain ini memiliki sensasi tersendiri, layaknya suasana nyaman dan perlengakapan furniture yang multifungsi. Sehingga menghemat ruang dan merasa seperti sedang tidur di hotel berbintang lima.

Mengapa seperti hotel? Yang tentu saja, seperti yang telah kita ketahui bersama hotel merupakan tepat yang paling cocok untuk sekedar memanjakan tubuh dan memberikan kenyamanan. Terlebih lagi kualitas yang dimiliki baik dalam segi hal apapun adalah kualitas yang terbaik.

Maka dari itu Vector 41 sudah merangkum beberapa inspirasi desain kamar tidur mewah dengan mengusung konsep modern minimalis. Penasaran? Yuk mari simak ulasannya seperti dibawah ini!

Konsep Open Space

Ingin terlihat mewah dan luas? Cobalah dengan menggunakan tema open space. Biasanya dengan konsep tersebut tidak hanya memiliki kelebihan dalam menciptakan ruangan yang lebih lapang. Namun juga mengurangi penggunaan listrik pada siang hari dan juga malam hari karena ruang terbuka yang dimiliki dalam menyinari ruangan.

Inilah yang membuat desain dengan konsep seseperti ini dikatakan ramah lingkungan. Jangan lupa penggunaan tirai pada jendela, percaya atau tidak dengan tirai yang dipasang dengan ukuran besar akan menjadi salah satu cara yang akan menampilkan kesan mewah.

Material Kayu

Jika sudah memiliki tema open space pada kamar dan juga mengaplikasikan tirai sebagai tampilan mewahnya, nah tahap selanjutnya adalah memberikan sentuhan material kayu. Material kayu yang dikatakan disini adalah material kayu dengan jenis kualitas tinggi (terbaik).

Bisa diaplikasikan pada beberapa furniture ( seperti lemari, meja, kursi dan lainnya) atau pun penggunaan lantai kayu. Umumnya kamar tidur mewah yang bermaterial kayu dan juga sedikit campuran warna gold akan menghadirkan kesan mewah dan mahal.

Warm Light

Menginginkan tampilan mewah selanjutnya? Aplikasikan dengan warm light. Penggunaan cahaya tidak hanya diaplikasikan pada ruangan semata, namun juga bisa diterapkan pada dinding ataupun walk in closet (WIC) yang berada di kamar. Hal ini tentunya akan menghadirkan nuasana hangat, nyaman, dan tenang. Pada saat menghadirkan warm light ini, disarankan kamu memilih warna dinding yang netral seperti krim untuk menambah nuansa hidup pad kamar.

Ala Staycation

Sudah pernah melihat kamar tidur salah satu artis Indonesia yang bernama titi kamal? Rumah menggususng tema modern tersebut memiliki luas hingga 1.000 m², dengan salah satu bagian yang paling menarik adalah kamar tidurnya yang tampak mewah dan elegan.

Contoh kamar seperti artis ini bisa juga diterapkan pada kamar kamuloh. Jika dilihat sekilas, tampilannya seperti sederhana namun mempunyai vibes-nya yang seperti sedang staycation di hotel berbintang.

Ala Monokrom

Siapa bilang jika warna monokrom yang hanya mengandalkan hitam, abu-abu, dan putih tidak bisa menampilkan nuansa mewah dan elegan? Tentu saja tidak, bahkan terkadang nuansa yang diberikan lebih tampak mahal dan berkelas. Saat ini sudah banyak orang-orang menggunakan konsep monokrom untuk diterapkan pada kamar tidur tidur impian.

Bukan main-main, aura maskulin yang begitu kental dapat mudah terpancar dari konsep tersebut. Sebagai contoh yakni salah satu yang mengaplikasikan konsep kamar tidur supermewah dan luas dengan tema putih dan abu-abu. Kesan luas ini ditampilkan dari warna putih ketika mendapat pencahayaan yang cukup.

Tema Pastel

Dan yang terakhir adalah bertemakan pastel. Warna yang di dominasi dengan warna-warna lembut itu juga bisa andalan buat kamuloh. Hal yang paling sering didengar adalah warna pastel dapat memberikan kesan nyaman dan tenang bagi sang pemiliknya.

Kamu bahkan dapat menambahkan sentuhan gorden, cat dinding, dan beberapa furniture dengan warna serupa. Atau bila perlu kamu juga boleh memasang wallpapaer pada satu sisi dinding di belakang headboard tempat tidur dengan warna yang sama. Untuk menambahkan nuansa mewah dan tenang agar lebih terpancar di sepenjuru kamar.

Tips dan Trik Menata Ruang Tamu

Jika kamu sedang berencana merenovasi atau menata rumah dengan low budget agar dapat menghemat anggaran dana dan dikantong. Berarti ini adalah saat yang tepat ketika kamu membuka artikel ini. Pada pembahasan kali ini kami akan merangkat seputar masalah yang mungkin dihadapi oleh beberapa orang saat ini.

Specially pada ruang tamu, yang merupakan salah satu ruangan yang sangat penting setelah kamar dan dapur. Dimana pada ruangan tersebut adalah tempat untuk menyambut orang-orang yang akan berkunjung ke rumah, selain itu juga menjadi tempat ruang keluarga. Maka dari itu, ruang tamu harus dibangun dengan senyaman mungkin bagi keluarga dan orang lain.

Namun ada perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendekorasi ruang tamu seperti penempatan barang, barang-barang apa saja yang harusnya lebih di utama. Terlebih dalam melakukannya terdapat kesulitan sendiri, mulai dari ukuran ruang tamu dan menyesuaikan furniture dengan ukuran ruang tamu, dan lainnya.

Selain dari itu semua, sebenarnya ada beberapa tips lagi yang dapat dilakukan untuk mendekorasi ruang tamu dengan low budget. Seperti apakah itu? Berikut akan dirangkum seperti di bawah ini:

Warna Netral Pada Semua Komponen

Umumnya warna-warna netral akan menciptakan ruangan yang jauh lebih luas dan tentunya menghemat biaya tanpa adanya bermain banyak warna. Baik pada konsep minimalis dan klasik pengaplikasikan satu warna pada satu ruangan pastinya akan menjadi penghematan, tidak peduli ruangan itu besar ataupun kecil.

Seperti halnya warna putih yang merupakan warna netral yang paling tidak mencolok, kamu bisa mendapatkan furniture akan sangat banyak sekali yang memakai warna tersebut. Tidak hanya furniture, dalam dekorasi yang mengunakan komponen-komponen sederhana juga dapat memakai warna yang selaras. Begitupun dengan warna abu-abu, monokrom, pastel, atau warna lainnya agar ruang tamu terasa nyaman.

Ruangan Tamu Konsep Open Space

Bukan hal yang biasa lagi jika konsep ruang terbuka atau yang dikenal sebagai open space merupakan salah satu cara untuk menghemat budget. Begitu pula dengan ruang tamu ini yang bisa disandingkan dengan ruang keluarga ataupun bersebelahan dengan dapur tanpa memerlukan dinding pembatas untuk mengehmat biaya yang ada.

Kesan dari konsep ini juga akan menampilkan ruangan yang jauh lebih luas karena sangat lapang tanapa adanya batasnya ataupun lainnya. Terlebih lagi jika membatasi antara satu ruangan dengan ruangan lain, sudah pasti membuat ruangan menjadi lebih sempit.

Furniture yang Multifungsi

Salah satu cara selanjutnya agar menghemat anggaran biaya pada area ruang tamu adalah memakai furniture multifungsi. Misalnya sofa, pada bagian dalamnya yang bisa dijadikan tempat penyimpanan barang, atau rak penyimpanan buku yang bisa dijadikan sebagai sekat bahkan fungsi lainnya sebagai pembatas ruangan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan dengan segala kelebihan yang ada.

Sehingga tidak perlu lagi membeli furniture yang banyak untuk menghemat ruang dan juga uang. Selain itu juga dapat memaksimalkan furniture hunian yang tidak hanya memiliki satu fungsi saja, namun juga lainnya. Walaupun umumnya furniture multifungsi yang seperti ini memiliki harga yang sedikit mahal dari yang biasanya, namun jika dibandingkan dengan membeli barang satu per satu kemungkinan harganya akan jauh lebih mahal.

Menambahkan Cermin

Ingin mendekor ruangan dengan budget yang rendah? Tentu saja bisa dengan menggunakan cermin. Kamu bisa mengaplikasikan cermin di dinding yang akan memberi efek tipuan sehingga tampilan hunian khususnya area ruang tamu akan terlihat tampat lebih besar dan terlihat lebih luas. Cermin ini juga bisa dimodifikasikan sebagai bagian dari furniture selain dari dekorasi. Misalnya, ketika ingin  menghadirkannya pada pintu ataupun pada lemari untuk menciptakan efek yang semakin nyata. Tertarik untuk mencoba?!

Memanfaatkan Dinding

Jika kamu adalah orang yang memiliki hunian yang luas namun memiliki barang sekali pernak-pernik  seperti menyimpan buku, menyimpan barang yang kecil (guci atau patung), dan lain sebagainya. Cobalah untuk memanfaatkan dinding sebaik mungkin, entah itu menghadirkan kabinet yang langsung menempel di dinding ataupun lainnya. Jadi fungsi dinding tidak hanya untuk meletakan jam dan foto saja, namun bebagai hal lainnya khususnya pada area ruang tamu.

Hadirkan Karpet (Permadani)

Jika kamu adalah orang yang menyukai hunian dengan gaya lesehan mungkin kamu bisa mengaplikasikan karpet (permadani) pada hunian. Sebenarnya ada banyak sekali pertimbangan harus dengan karpet. Dari segi hal yang pertama, pembiayaan yang jauh lebih hemat karena tidak perlu membeli sofa. Kedua, jika memiliki keterbatasan ruangan yang tidak memungkinkan meletakkan furniture yang besar. Dan terakhir, agar menghadirkan kesan ruangan yang lebih santai baik pada keluarga atau tamu yang berkunjung.

Karena pada dasarnya karpet adalah salah satu elemen dekor yang mampu mengubah tampilan rubah dan pastinya hemat di kantong. Karpet juga dapat membuat ruang tamu akan terasa lebih hangat dan nyaman, serta meminimalisir kerusakan ketika ada barang yang jatuh. Tidak hanya itu, keberadaan karpet juga menambah cantik ruang tamu. Misalnya jenis karpet yang saat ini sedang banyak diminati yakni karpet bulu, dimana selain bahannya yang lembut, harganya juga terjangkau.

Itulah beberapa tips lagi yang dapat dilakukan untuk mendekorasi ruang tamu dengan low budget yang bisa diaplikasikan pada hunian impian kamu. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tips dan Trik Pencahayaan Pada Dapur

Dapur merupakan salah satu interior penting dalam hunian, apalagi pencahayaannya. Di area aktivitas paling sering dilakukan setelah ruang keluar dan kamar. Menata dapur dan pencahayaannya juga tidak bisa dianggap sepele, hal itu terlihat jelas dalam menentukan furnitur dan lampu yang akan diaplikasikan.

Banyak orang yang menganggap remeh soal dekor dan lainnya, padahal bukan dengan hal-hal yang disebutkan justru akan membuat kamu beta melakukan berbagai aktivitas disana? Apalagi jika kamu memiliki perncahayaan yang baik tentunya akan meningkatkan kesan estetis dan semangat lainnya??

Untuk itu, kami akan membahas sedikit lebih jauh tentang pencahayaan dapur yang melibatkan jenis lampu seperti general lighting, task lighting, , dan accent lighting. Lebih jauhnya lagi, mari simak ulasan berikut ini:

1. Pencahayaan Alami dari Jendela

Mengingat dari pencahayaan, area dapur tentu saja bisa mendapatkan pencahayaan alami dari sinar  matahari dengan menghadirkan jendela. Tidak hanya mendapat sinar matahari yang cukup dengan adanya jendela bisa menjadi salah satu cara membantu sirkulasi udara agar menjadi baik dan mengurangi kelembapan. Selain itu juga dengan adanya jendela yang memberi cahaya masuk dan menghemat penggunaan listrik di siang hari.

2. Pencahayaan Buatan dari Bolam (Lampu)

Jika kamu tidak dapat menghadirkan jendela, cara satu-satunya adalah mengunakan bolam (lampu). Pencahayaan pada bolam juga memiliki berbagai aneka ragam kegunaan dan fungsi. Tetapi sebelum masuk pada jenis jenis lampu sebenarnya ada hal lebih penting yaitu memadukan bentuk lampu dengan konsep dan ukurannya.

Pertama kali yang perlu diperhatikan adalah memastikan penggunaan tema dan jenis lampu untuk menghasilkan tampilan visual yang menarik. Satu tips lagi yang bisa dilakukan adalah menggunakan lampu strip LED untuk penerangan dengan warna yang didominasi putih dengan emas sebagai tiang gantung untuk menambah kesan mewah dan elegan. Terlebih penggunaan strip LED di dapur ataupun bagian rumah lainnya semakin populer belakangan ini.

3. Lampu Utama (General Lighting)

Lampu utama atau dikenal dengan general lighting adalah peletakan lampu yang dilakukan dengan cara memasang pada titik tengah ruangan yang dipasang secara simetris. Dengan tujuan agar menghasilkan sumber cahaya secara terang dan menyeluruh di ruang dapur untuk menyiapkan makanan. Warna yang cocok digunakan seperti putih dan warm white.

4. Lampu Sorot (Spotlight)

Lampu sorot atau dikenal dengan spotlight merupakan salah satu contoh dari lampu utama yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lampu ini memiliki tujuan untuk menambah penerangan di dapur dan menonjolkan area tertentu yang membuat dapur tampil lebih menarikd dan memberi efek dramatis pada area dapur.

5. Lampu Kerja (Task Lighting)

Lampu kerja atau lampu tugas dengan istilah lain task lighting merupakan lampu tambahan untuk pengganti lampu uatama pada area khusus di dapur. Penerangan ini diaplikasikan untuk kegiatan yang beraktivitas seperti masak – memasak. Umumnya terletak di bawah kabinet dan menyorot langsung ke meja dapur, tempat bahan, atau bahkan peralatan makan.

6. Lampu Kabinet (Cabinet Light)

Merupakan salah satu contoh dari lampu kerja yang memberikan penerangan pada kabinet dapur. Lampu ini digunakan untuk memberi sorotan pada barang-barang penting di area dapur, dan juga untuk  memudahkan menemukan peralatan makan saat lapar di malam –  tanpa perlu menghidupkan lampu utama.

7. Lampu Dekoratif (Accent Lighting)

Lampu dekoratif atau dengan nama accent lighting merupakan lampu dekorasi untuk memperindah area dapur. Ada banyak sekali contoh dari lampu ini dan juga sangat mudah ditemukan di pasaran, bahkan biasanya diaplikasikan pada kitchen island. Lampu dekoratif ini bisa di dominasi warna natural atau pun warna lainnya.

8. Lampu Suasana Hati (Mood Lamp) 

Mood lamp merupakan lampu yang dapat berubah-ubah warnanya. Lampu ini merupakan salah satu contoh dari lampu dekorasi, yang digunakan untuk memberikan efek relaksasi atau ketenangan bagi orang yang melihat.

Itulah pencahayaan pada area dapur yang sudah kami rangkum untuk kamu semua. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menciptakan dapur impian pada saat melakukan aktivitas di dalamnya.

Jenis-Jenis dan Tipe Lampu Pada Hunian

Pencahayaan dalam suatu ruang bisa dibagi menjadi dua macam, yakni pencahayaan buatan dan pencahayaan alami. Biasanya pencahayaan buatan berasal dari lampu yang dipasang di beberapa sudut ruang pada hunian. Tetapi sebelum memasang sebuah lampu, ada baiknya terlebih dahulu untuk memahami beberapa jenis-jenis lampu pada ruangan. Karena biasanya, beda ruangan maka berbeda pula kegunaannya. Berikut ini jenis lampu yang selalu ada pada hunian menurut vector 41!

Lampu Utama

Lampu utama atau dikenal dengan general lighting adalah peletakan lampu yang dilakukan dengan cara memasang pada titik tengah ruangan yang dipasang secara simetris. Dengan tujuan agar menghasilkan sumber cahaya secara terang dan menyeluruh pada ruangan. Pencahayaan seperti ini biasanya terdapat di ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, kamar tidur, teras rumah, dan ruangan lainnya.

Disarankan peletakkan lampu untuk jenis ini memang terpasang pada area yang nantinya akan menghabiskan banyak waktu disana. Agar pencahayaan semakin maksimal, maka sobat vector perlu menggunakan jenis-jenis dari lampu utama ini seperti contoh dibawah ini:

  • Ceiling light (lampu langit-langit).
  • Chandelier light / Pendant light (lampu gantung).
  • Down light / Spot light (lampu bawah atau lampu sorot).

Untuk ketegasan pencahayaan tambahkan lampu tersembunyi (lampu sorot) yang sedikit redup atau lampu hias lainnya. Dengan begitu sistem pencahayaan ruangan menjadi terasa fleksibel.

Lampu Kerja

Lampu kerja atau dikenal dengan nama task lighting merupakan pencahayaan yang hanya berfokus pada satu area tertentu dengan tujuan untuk membantu dalam melakukan aktivitas. Seperti salah satu contoh adalah area dapur, menempatkan beberapa lampu di bagian bawah kabinet dapur yang mengarah langsung ke area kerja (counter top). Ketika sedang melakukan aktivitas memasak, tambahkan task lighting pada bagian kompor dan oven.

Adapun contoh lain dari jenis lampu kerja ini, adalah sebagai berikut:

  • Floor lamp (lampu lantai).
  • Wall light (lampu dinding).
  • Street light (lampu jalan / lampu temple).
  • Mirror lamp (lampu cermin).

Lampu Aksen (lampu dekoratif)

Lampu aksen (accent lighting), biasanya jenis ini digunakan untuk menyorot suatu benda agar lebih terlihat jelas detailnya. Pemasangan aksen pencahayaan pada ruangan dalam rumah, umumnya diaplikasi pada tanaman kecil, foto, lukisan, dan lainnya. Jenis pencahayaan ini tidak digunakan untuk membantu aktivitas, melainkan hanya untuk elemen dekoratif ruangan.

Dengan tujuan untuk menonjolkan tampilan dekoratif dalam suatu konsep penataan ruang. Namun ada beberapa hal yang perlu diingat, fokus yang akan ditonjolkan di sini bukanlah benda. Tetapi justru lampu sendiri yang dijadikan sebagai tampilan utama yang ingin dieksploitasi keindahannya agar ruang tersebut bisa terlihat lebih indah dan sempurna.

Model untuk jenis pencahayaan ini sangat cocok pada ruang tamu atau ruang keluarga untuk menambah fokus dan penerangan pada karya-karya seni yang sobat koleksi. Juga sebagai dekorasi yang membuat ruang tamu dan ruang keluarga di rumah semakin istimewa.

Agar pencahayaan aksen ini dapat bekerja secara optimal, jenis lampu yang digunakan wajib dapat menyinari objek yang diterangi tiga kali lipat lebih terang dari cahaya lampu pada ruangan tersebut. Biasanya penggunaan aksen pencahayaan ini menggunakan jenis pencahayaan seperti:

  • String light (lampu senar).
  • Table lamp (lampu meja).
  • Tumblr (lampu hias).

Jenis Kisi-kisi Kayu beserta Fungsinya

Seiring perkembangan desain interior membuat kisi-kisi menjadi semakin popular saat ini. Berbentuk deretan kayu yang tersusun secara horizontal ini dahulunya digunakan sebagai penghalang sinar matahari secara langsung. Namun hingga kini penggunaan kisi-kisi diperuntukkan untuk sirkulasi udara di dalam ruangan dan juga dianggap  sebagai elemen estetis.

Umumnya kebanyakan ditempatkan pada eksterior, walaupun ada juga yang ditempatkan pada interior. Penempatan kisi-kisi pada hunian ini biasanya sudah tidak menempel pada dinding lagi, namun sudah menjadi dinding itu sendiri. Tidak hanya untuk dinding, mulai dari kanopi, ventilasi cahaya, hingga pintu garasi dapat diaplikasikan melalui kisi yang disusun secara luas (lebar).

Berikut adalah dertan fungsi dan penempatan kisi-kisi di rumah yang bervariasi.

1. Kanopi atau atap teras. Cahaya alami tetap masuk dengan baik namun tanpa menyilaukan pandangan.

2. Dinding atau sekat pada teras atau balkon. Meski sirkulasi udara tetap mengalir secara alami dan bebas namun ruang pribadi pada hunian tetap terjaga.

3. Pintu dan atap garasi. Baik pintu maupun atap yang terlihat dari luar sekan menyatu dengan fasad rumah.

4. Sekat pada koridor. Kisi-kisi sedikit ruang pribadi pada eksterior yang semisal memberikan akses masuk rumah.

5. Sirkulasi cahaya pada interior. Bias cahaya yang jatuh menciptakan corak yang menarik pada dinding.

Apapun, kisi-kisi sepertinya akan menjadi tren dan berikut dibawah ini ulasan desain kisi-kisi hunian yang bisa menjadi inspirasi sobat vector.

1. Kisi-Kisi Pada Hunian Rumah Minimalis

Ruang yang awalnya terasa sempit bisa berubah apabila salah satu dindingnya digantikan dengan kisi-kisi kayu. Menggunakan inspirasi dari Studio Verve Architects untuk sebuah flat di Bow Quarter, London. Kisi-kisi rumah yang cantik ini dibuat dari kayu Ipe Brasil yang saat ini sedang populer disana.

2. Kisi-Kisi Sebagai Cover Tangga

Bingung memilih desain railing tangga rumah agar tidak terlalu menyolok? Maka dari itu, cobalah untuk memberi cover kisi-kisi dari kayu. Bertujuan untuk mendapatkan kesan elegan sekaligus minimalis.

3. Kisi-Kisi Bertema Sliding Door

Inspirasi kisi-kisi rumah dari arsitek Reinach Mendonça Arquitetos Associados dari Brazil ini bisa menjadi gagasan jika ingin mencari sebuah pintu dengan partisi yang unik. Tema sliding door tentunya akan mempermudah dan tidak menghambat pemandangan luar.

4. Kisi-Kisi Sebagai Aksen Cahaya

Umumnya kisi-kisi akan memberikan kesan lapang dan segar, namun juga dapat menambah kesan artistic di dalamnya. Dengan permainan cahaya yang impresif dihadirkan, sudah pastinya menajdi nilai tersendiri. Karya arsitek Obra Blanca untuk sebuah rumah di Alvarado, Mexico, ini bisa menjadi salah satu inspirasi.

5. Kisi-Kisi Sebagai Pengganti Dinding Solid

Tidak peduli entah itu pada bangunan skala besar atau kecil, semua itu memang cocok apabila menerapkan kisi-kisi pada hunian. Inspirasi dari bangunan community center di Reinosa, Cantabria, Spanyol ini menampilkan secara masif berkat penerapan kisi-kisi minimalis pada dinding luarnya.

6. Kisi-Kisi Berpola Pada Fasad

Rancangan dari arsitek Manuel Herz, yakni Rural Senegal Hospital merupakan salah satu inspirasi untuk mengganti kisi-kisi solid tampak depan hunian menjadi fasad yang eksotik.

7. Kisi-Kisi Kontemporer Untuk Meredam Suara

Gedung Théâtre Jean-Claude Carrière di Montpellier pada negara Perancis ini, tidak hanya memiliki tampilan yang asyik dan impresif. dengan bentuk kisi-kisi yang menyerupai belah ketupat tersebut nyatanya berfungsi sebagai meredam suara dan gema yang tidak diinginkan.

Lalu, apakah sobat vector tertarik menambahkan kisi-kisi pada hunian rumah? Atau sudah menyiapkan hal-hal lain seperti mengganti penyekat solid rumah menjadi seperti salah satu inspirasi kisi-kisi pada artikel singkat ini? Jika iya, sobat dapat menghubungin kami lewat website resmi.

Tips Hunian Tanpa Jendela

 
Hunian tanpa jendela, seperti apa ya ? Menjadi Lebih Menarik, Bukan?

Sudah pernah memikirkan sebuah hunian tanpa jendela di dalamnya? Atau para sobat sudah pernah melihat langsung bentuknya? Pasti yang akan muncul di benak para sobat adalah ruangan tersebut akan terasa tak nyaman dan juga lembap. Bahkan terkadang pencahayaan dari lampu saja belum tentu mampu membuat pencahayaan yang menarik seperti sinar matahari pagi.

Terlebih lagi, jika itu adalah hunian yang kecil, yang tidak memiliki banyak space berlebih untuk menghadirkan jendela. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti menempatkan beberapa dekorasi yang menarik dan lainnya. Penasaran? Maka dari itu, yuk simak beberapa tips hunian tanpa jendela by vector 41!

1. Menghadirkan Pintu Kaca

Hunian tanpa jendela biasanya dibangun pada lahan yang kecil, sehingga meminimalisir ruangan menempel pada dinding hunian tetangga. Jika tidak memungkinkan memiliki jendela, maka cara terbaiknya adalah mencoba menghadirkan pintu dengan material kaca. Sifat kaca yang transparan mendukung cahaya untuk masuk ke dalam hunian, sehingga akan menambahkan pencahayaan yang lebih terang. Selain itu, hunian juga akan terkesan lebih lapang dan terbuka.

2. Memakai Cat dengan Warna Terang

Umumnya cat dinding berwarna terang akan menampilkan kesan yang luas dan lapang pada hunian, seperti warna putih. Tidak hanya warna putih, warna-warna netral yang bersifat terang lainnya seperti warna bumi dan pastel juga dapat diaplikasikan pada dinding. Namun apabila menginginkan menggunakan cat dinding berwarna terang pada hunian yang tidak memiliki jendela, tentunya hal itu akan memberi kesan sempit dan gelap. Pemilihan cat dinding sangat perlu diperhatikan, terlebih jika luas lahan yang sangat kecil.

3. Memasang Cermin Besar

Mungkin untuk hal yang satu ini, pastinya sudah sering ditemukan pada hunian minimalis maupun klasik. Efek dari cermin ini juga bukan sekedar isapan jempol belaka, melainkan dapat menyulap hunian menjadi lebih tampak terang dan juga luas. Biasanya cermin akan tempatkan pada bagian lorong atau pun bagian ruang tengah, dan akan memantulkan ruangan yang sifatnya jauh lebih luas dari sebelumnya. Tidak hanya itu, kesan dari penggunaan cermin ini juga mempercantik hunian sehingga ruangan tampak lebih manis.

4. Menggunakan Lampu Gantung

Pemilihan yang satu ini juga tidak kalah penting dari yang lainnya seperti disebutkan diatas. Biasanya kita sering menemukan hunian dengan lampu yang masih menempel pada plafon, namun cobalah untuk mengubah style hunian. Salah satu caranya adalah dengan mengganti dan menggunakan lampu gantung pada pencahayaan ruamh. Jenis dari lampu yang satu ini juga sangat beraneka ragam, namun cobalah untuk berfokus pada lampu gantung yang rendah.

Dengan menggunakan lampu gantung, pencahayaan yang dihasilkan akan lebih maksimal dan memberikan kesan lembut dan manis pada ruangan. Apabila kamu sangat menyukai ruangan yang terang benderang, kamu dapat menempatkan dua hingga tiga atau lebih lampu gantung di area yang kamu inginkan. Untuk sedikit tambahan pemilihan dari desain lampu alangkah lebih baik sesuai dengan tema ruangan pada hunian.

5.  Menerapkan Focal Point

Focal point (titik fokus) adalah suatu elemen yang menarik perhatian agar lebih dramatis atau bahkan mencolok daripada elemen lainnya. Hal ini sengaja dilakukan untuk mempertegas dan meningkatkan estetika dari ruangan itu sendiri. Keberadaannya juga sangat fleksibel, karena dapat  diaplikasikan pada dinding, lantai, dan plafon.

Apabila kamu memiliki hunian tanpa jendela, sangat disarankan untuk mendekorasi ruangan dengan menerapkan focal point pada ruangan. Dengan tujuan agar tidak banyak menggunakan pernak-pernik atau aksesoris yang nantinya hanya akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Lukisan pajangan yang besar ataupun foto sudah cukup memberikan kesan yang memiliki aksen khas dan mengubah ruangan menjadi lebih terang.

Itu dia 5 tips hunian tanpa jendela agar menjadi lebih menarik dari vector 41. Kira-kira tips apalagi nih yang akan dicoba? Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk para sobat!

Sofa Warna Ngejreng, Mengapa Tidak??

 

Umumnya orang akan mempertimbangkan warna-warna yang lebih kalem seperti abu-abu, cokelat, atau hitam karena dinilai lebih awet dan mudah diaplikasikan. Padahal, kita juga bisa berkreasi dengan sofa warna ngejreng yang bisa memberikan suasana ceria dan segar ke dalam rumah.

Warna apa yang biasanya jadi pilihan Anda saat membeli sofa?  Berikut beberapa trik mengaplikasikannya sofa dengan warna cerah. Yuk, simak berikut ini.

Sofa Corak Merah

Sofa berwarna merah bisa menjadi aksen yang sangat kuat di dalam ruang tamu Anda. Agar warna merahnya terlihat semakin mencolok dan bersinar, Anda bisa menggabungkannya dengan beberapa furnitur berwarna netral seperti meja kayu ataupun dinding yang berwarna putih.

Sofa Corak Kuning 

Sofa berwarna kuning bisa menambah suasana ceria di dalam ruangan. Kuning yang digunakan harus warna yang lembut sehingga tidak mencolok mata. Sofa warna kuning dapat bersinergi dengan baik dengan desain ruangan yang minimalis sehingga dapat terkesan elegan secara keseluruhan. Apalagi ditambah pajangan dinding minimalis dan lampu berdiri berwarna emas yang membuat tampilan ruangan semakin artsy.

Sofa Corak Biru

Dinding yang didominasi oleh warna putih juga cocok menggunakan sofa dengan corak warna biru. Perpaduan putih dan biru merupakan penyeimbang yang ideal pada suatu ruangan. Cushion berwarna netral pun dipilih agar warnanya tidak bertabrakan. Agar ruangan terlihat semakin serasi, pilihlah karpet dengan warna senada untuk ditambahkan. Untuk menambah kesan santai,bisa juga ditambah bean bag hijau agar kian menambah kenyamanan dan kesan fun ke dalam ruangan.

Sofa Corak Orange yang Cerah

Sofa dengan warna orange bisa kita aplikasikan dalam ruangan yang  menggunakan warna netral sebagai warna latar belakang. Namun, untuk menarik perhatian dan memberikan aksen utama, sofa berwarna orange diletakkan di tengah-tengah ruangan. Warnanya yang cerah terlihat kontras dengan warna netral lainnya.

Sofa cerah ini juga cocok berpadu dengan coffee table berwarna senada. Agar tidak terlihat terlalu colorful, ruang keluarga dilengkapi dengan karpet berwarna netral.

Sofa Corak Mustard 

Untuk Anda yang tidak ingin menggunakan sofa dengan warna yang terlalu cerah, sofa dengan corak mustrad bisa menjadi Inspirasi lo. Kita bisa menggunakan sofa corak mustrad pada salah satu deretan sofa saja akan memberikan aksen yang manis ditambah dengan menggabungkan furnitur kayu, rotan, dan tanaman, sofa mustard sehingga membuat ruangan terlihat semakin membumi. Tambahkan beberapa bantal sofa berwarna senada untuk memberikan tampilan serasi.

Sofa Corak Pink 

Warna pink memang sering diidentikkan dengan gaya yang feminin, padahal kalau kita tepat penempatannya bisa membuat ruangan menjadi anggun. Kita bisa mengaplikasikan sofa berwarna pink lembut yang dipadukan dengan furnitur kayu dan warna ruangan putih sehingga memberikan kesan lembut, anggun,  minimalis, dan modern pada ruangan lho.

 

Karakteristik Hunian Tropis Modern

Dikenal sebagai kawasan tropis di Asia, membuat Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit di dunia. Apabila ingin menelusuri hunian rumah para penduduknya, maka kamu dapat melihat pemandangan bergaya minimalis tropis. Sepintas pengaplikasian konsep ini cukup simpel dan bahan yang digunakan pun juga mudah untuk ditemukan. Kayu merupakan material fitur utama yang nantinya  memberikan nuansa santai dan lebih dekat dengan alam.

Penasaran, bahan dan desain seperti apa yang kamu butuhkan untuk menghadirkan atmosfer tropis untuk hunian tercinta? Yuk, ketahui dulu karakteristiknya berikut!

1. Memiliki Atap yang Miring

Tanpa perlu menjelaskan secara lebih rinci apa kegunaan dari atap, tentunya semua orang sudah paham arti dari keberadaannya. Pada hunian tropis modern penggunaan atap miring biasanya memiliki kemiringan 30 derajat atau bahkan lebih, dengan langit-langit yang setinggi 2,5 – 3 meter.

2. Banyak Ventilasi

Menghadirkan ventilasi di dinding pada hunian tentunya berguna sangat baik untuk proses sirkulasi udara. Selain itu dapat menghindari serangan jamur pada dinding dan perabotan agar jauh dari lembab. Rumah tropis modern seringnya menggunakan ventilasi silang (cross ventilation) dan membuat pencahayaan alami  masuk dengan mudah ke seluruh penjuru rumah.

3. Warna Netral

Biasanya warna yang digunakan adalah pastel. Tetapi ada juga yang menggunakan warna yang selaras dengan alam, seperti putih, coklat, abu-abu, dan lainnya. Sangat jarang sekali menggunakan warna mencolok, untuk menghindari kesan yang tidak nyaman.

4. Konsep Open Space

Konsep open space sudah menjadi ciri khas pada beberapa hunian seperti tropis modern yang satu ini. Aspek-aspek yang terdapat didalamnya menggambarkan kebebasan, keakraban tanpa dibatasi oleh sekat-sekat yang akhirnya akan membuat aktivitas terganggu.

5. Didominasi Material Alami

Dengan semboyan konsep yakni “kembali ke alam”, tentunya kamu juga menghadirkan material alami yang dapat digunakan seperti kayu, bambu, batu alam dan barang-barang daur ulang. Tidak harus baru, material bekas dan masih layak digunakan juga bias dipakai untuk menampilkan hunian tropis yang menarik dan unik.

Tips Mudah Dekorasi Rumah Tropis Modern

1. Mengadirkan Tanaman Merambat

Hal yang pertama dilakukan adalah menanam tanaman rambat yang menjuntai dari lantai atas ke bawah. Hal itu akan memberi kesan rumah tropis yang sejuk dan menyegarkan. Tidak perlu repot dengan menanamnya, karena ada banyak dekorasi tanaman yang sudah jadi dan sudah dapat diaplikasi.

2. Tambahkan Tanaman ‘Tropis’

Sudah tentu pemilihan tanaman tropis pada hunian ini adalah pohon palem hias. Hal ini berkesan untuk membuat hunian menjadi tampak lebih segar dan hidup. Sentuhan warna hijau dari tanaman yang juga berasal dari negara tropis dapat menjadi elemen dekoratif yang alami, serta mampu membuat tampilan hunian jadi lebih ‘komplit’. Namun apabila tidak menyukai pohon palem hias bisa diganti dengan kamboja, geranium, pandan bali, dan lain-lain.

3. Jendela Kaca Besar dan Pintu Geser

Pastinya memiliki biaya yang tidak sedikit untuk membuat jendela kaca besar dan sliding door pada hunian. Walaupun cukup dengan memiliki 2 atau 3 jendela kaca yang memnguras kantong. Tetapi efeknya sudah membuat ruangan terlihat luas dengan cahaya yang masuk lebih banyak. Tidak lupa tambahkan gorden berbahan voile yang tipis agar memperkuat tampialn elegan dan minimalis.

4. Ganti Keramik dengan Lantai Kayu

Jika ingin memperkuat konsep tropis, kamu bias mengganti lantai keramik dengan lantai kayu. Seperti yang dikatakan pada sebelumnya, menambahkan material alami tidak hanya dengan furniture saja, namun bias juga dengan penggunaan lantai kayu. Dan tentunya memeberikan efek yang sangat besar pada hunian. Walaupun lantai kayu memang memiliki jenis lantai yang berbeda dan harganya yang mahal, tapi itu bukan halangan.