Kontraktor Dalam Makna Sebenarnya

Kontraktor dalam Makna Sebenarnya

Secara umum pengertian kontraktor adalah sebuah badan/lembaga/orang yang mengupayakan dan melakukan aktifitas pengadaan baik berupa barang maupun jasa yang dibayar dengan nilai kontrak yang telah disepakati.
Kontraktor adalah sinonim dari kata Pemborong. Kontraktor berasal dari kata dasar kontrak artinya surat perjanjian atau kesepakatan kontrak bisa seperti sewa, sehingga kontraktor dapat didefinisikan dengan orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang di kontrak atau di sewa untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang di sepakati antara pemilik proyek (owner) dengan kontraktor pelaksana. .

Jenis Pekerjaan Kontraktor

Kontraktor atau yang juga dikenal dengan istilah Penyedia Jasa Konstruksi, merupakan salah satu bidang usaha yang memberikan jasa pelaksanaan dalam bidang pembangunan.
Jenis usaha yang dikerjakan oleh kontraktor bisa sangat bermacam-macam. Menurut Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), badan usaha jenis Jasa Pelaksana Konstruksi dapat dibagi menjadi 6 (enam) bidang, antara lain:

  • Arsitektur : perumahan tunggal, perumahan multi hunian, bangunan komersial, fasilitas pelatihan sport di luar gedung, petanaman, pekerjaan pemasangan instalasi asesori bangunan, pekerjaan dinding dan jendela kaca, interior, kayu, logam, gedung, dan berbagai perawatannya.
  • Mekanikal : instalasi pemanasan, perpipaan, pipa gas, insulasi dalam bangunan, instalasi lift dan escalator, instalasi thermal, konstruksi alat angkut, konstruksi perpipaan, fasilitas produksi, penyimpanan minyak, dan gas, dan jasa penyedia peralatan kerja konstruksi.
  • Elektrikal : pembangkit tenaga listrik, pembangkit tenaga listrik energi baru, jaringan transmisi tenaga listrik, jaringan distribusi tenaga listrik, instalasi kontrol dan instrumentasi, listrik gedung dan pabrik, dan lainnya termasuk perawatan.
  • Sipil : jalan raya, jalan kereta api, lapangan terbang, jalan layang, drainase kota, bendung, irigasi dan drainase, bendungan. pekerjaan penghancuran, penyiapan dan pengupasan lahan, pemacangan, pelaksanaan pondasi, pembetonan, konstruksi baja, pelaksana khusus lain, pengaspalan dan perawatannya.
  • Pekerjaan Terintegrasi
  • Tata Lingkungan : perpipaan minyak dan perawatannya, perpipaan gas, perpipaan air bersih, instalasi pengolahan limbah. pekerjaan pengeboran air tanah, reboisasi dan perawatannya.

Scope bidang usaha kontraktor sebenarnya sangat luas, dan setiap kontraktor memiliki focus usaha dan spesialisasi di bidangnya masing-masing misalnya:
1. Kontraktor bidang kontruksi
2. Kontraktor bidang pertahanan dan keamanan
3. Kontraktor bidang perdagangan
4. Kontraktor bidang pertambangan
5. Kontraktor bidang jasa tenaga kerja

Peranan Kontraktor dalam Konstruksi

Dalam garis besar dua kata ini tidak mungkin dapat di pisahkan dalam suatu proyek pembangunan. Jika kontraktor merupakan orang atau lembaga yang melaksanakan suatu pekerjaan untuk pembangunan sesuai dengan perjanjian dengan pihak terkait. Maka konstruksi adalah sebuah benda yang di buat atau di kerjakan dalam beberapa tahapan sesuai dengan kontrak yang telah di setujui bersama.
Dengan kata lain kita akan dapat melihat kontraktor dan konstruksi secara langsung dalam sebuah proyek pembangunan. Seorang kontraktor adalah orang yang memegang kendali bagaimana proyek itu akan di laksanakan. Jadi jika ingin membangun sebuah bangunan tanpa harus ribet memikirkan ini dan itu Anda dapat menghubungi seorang kontraktor dan semua masalah Anda akan selesai. Semua dapat Anda serahkan pada seorang kontraktor.

Artikel yang sama :
Arsitek yang Sesungguhnya

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

arsitek nasional, tokoh arsitek nasional, tokoh arsitek indonesia, 10 arsitek nasional terpopuler, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, kontraktor dalam makna sebenarnya, arsitek yang sesungguhnya, 10 arsitek nasional terpopuler, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]