Material Terbaik Untuk Kitchen Set

Dapur memiliki suasana dan peran yang sangat penting bagi rumah. Jika kamu sedang merencanakan untuk merenovasi dapur atau justru baru ingin membuat dapur, hal penting yang harus kamu ketahui mengenai dapur dan kitchen set adalah materialnya. Meskipun harga murah adalah opsi prioritas, namun material yang digunakan untuk kitchen set tersebut juga sangatlah penting. Karena dapat mempengaruhi ketahanan perabotan dan kualitasnya.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui material apa saja yang paling baik digunakan untuk membuat kitchen set. Yuk simak ulasannya.

1. Kayu Solid

Kayu solid merupakan material yang paling umum digunakan dalam pembuatan kitchen set. Beberapa jenis kayu solid yang sering digunakan antara lain kayu mindi, kayu melia, kayu jati, kayu jati belanda (pinus) dan kayu rosewood India. Anda bisa mengecat permukaan kabinet dan kitchen set kayu solid dengan pelitur agar lebih bagus dan mengkilap.
Kayu solid cenderung lebih awet dan tahan rayap, dibanding dengan kayu olahan. Kayu solid tersedia dalam berbagai serat, warna dan tekstur. Variasi alami inilah yang menambah daya tarik terhadap kayu solid. Membersihkan kitchen set kayu solid cukup mudah. Yang perlu dihindari adalah bahan kimia yang mengandung asam agar tidak merusak warna dan tekstur kayu.
Kualitas kayu solid sangat berpengaruh atas perubahan tingkat kelembapan ruangan. Artinya anda harus sering memoles permukaan kayu, hal ini cukup memakan waktu dan juga biaya yang tidak sedikit.

2. Multiplek atau Plywood

Multiplek atau plywood merupakan jenis kayu olahan terkuat. Bahan dasar yang di gunakan untuk multiplek adalah kayu berlapis yang dipress dengan tekanan tinggi. Multiplek atau plywood memiliki tekstur lapisan kayu yang begitu rapat sehingga membuatnya lebih kokoh dan memiliki daya tahan terhadap air. Cocok di gunakan sebagai material set dapur.
Multiplek terdiri dari kombinasi serat dan kulit kayu dimana permukaan luar kayu lebih kuat dibandingkan dengan permukaan tengah, hal ini difungsikan agar tahan terhadap pemuaian dan kayu tidak mudah ditekuk.

3. PVC Board

PVC atau Poly Vinyl Chloride adalah lembaran plastik yang dapat memberikan hasil akhir yang cukup kuat pada kabinet dapur dan juga kitchen set. PVC Board mudah dibentuk, awet, dan mempunyai tampilan yang bagus. PVC juga tahan air dan tahan minyak, sehingga pas sekali digunakan di kitchen set. Lembaran PVC biasanya tersedia dalam warna-warna yang terang seperti putih. PVC Board adalah material anti rayap, anti korosi dan mudah dirawat.
Namun PVC tidak memiliki beragam warna dan pola. Lembaran ini tidak tahan api dan dapat menguning karena usia. Hanya perangkat keras yang kompatibel dengan plastik yang dapat digunakan untuk engsel, gagang, dan trek. Karena plastik melunak seiring waktu, sehingga persendiannya kendur.

4. Stainless Steel atau Aluminium

Material Stainless Steel cukup sering digunakan karena kuat dan tahan lama. Stainless steel memberi dapur suasana yang kontemporer. Stainless steel atau aluminium yang diolah merupakan bahan yang kokoh, tahan karat dan tahan noda. Material ini juga tidak terpengaruh oleh panas dan kelembaban serta mudah dibersihkan.
Namun material ini juga rentan tertekuk, pintu dan laci menghasilkan suara yang berisik. Dan perlu re-polishing ketika lapisan mengkilap mengoksidasi atau berkarat.

5. Blockboard

Blockboard mempunyai kemiripan dengan multiplek. Bahan blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara horizontal, sedangkan lapisan multiplek secara vertikal. Biasanya bahan yang digunakan adalah sengon laut yang termasuk salah satu jenis kayu yang kokoh dan tahan air.
Material blockboard juga memiliki ketahanan terhadap air, sehingga tidak salah jika digunakan sebagai material pembuat kitchen set dan juga harganya yang relatif murah dibandingkan dengan multiplek.

Itulah beberapa bahan dasar kitchen set yang terbaik yang kami rekomendasikan ke Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat serta dapat menambah wawasan.