Jenis-Jenis Pompa Air

Jenis-jenis pompa air yang dipilih akan sangat menentukan kualitas air yang kemudian dihasilkan untuk konsumsi sehari-hari. Karna pada prinsipnya, perbedaan jenis mesin akan menghasilkan perbedaan kinerja terhadap daya sedot dan daya dorong air. Sehingga, pemilihan jenis pompa air yang tidak tepat akan mempengaruhi kualitas mesin pompanya sendiri.

1. Pompa Air Dangkal

Jenis pompa ini biasanya hanya digunakan untuk penggunaan ringan. Daya sedot yang dimiliki pompa air sumur dangkal ini maksimal hanya untuk kedalaman air sumur sekitar 9 meter. Pompa air ini mempunyai daya dorong yang biasa saja, hanya mencapai ketinggian 7 meter dari posisi pompa air.

2. Pompa Air Dalam

Pompa air sumur dalam umumnya terdiri dari dua jenis: semi jet pump dan jet pump.

Jenis pompa air semi jet pump digunakan untuk sumur yang memiliki kedalaman air hingga 11 meter dan tinggi 9 meter. Sedangkan mesin jet pump biasanya digunakan untuk sumur yang sangat dalam dengan kedalaman maksimal 20 meter.

Perbedaan keduanya terletak pada daya sedot dan daya dorong mesinnya yang disesuaikan dengan kedalaman sumur. Itulah kenapa sangat diperlukan mengatur dengan baik pemasangan mesin pompa air sesuai dengan jenis dan fungsinya.

Jika ingin kinerja mesin lebih maksimal, kamu juga harus memperhatikan sambungan dan jalur pemasangan mesinnya.

3. Pompa Air Diesel

Jenis pompa air ini memang jarang sekalig digunakan untuk keperluan rumah tangga. Biasanya, jenis pompa air diesel ini digunakan untuk keperluan pertanian atau perkebunan. Cara kerjanya sendiri cukup berbeda karena mesin ini menggunakan bahan bakar bensin atau solar.

4. Pompa Air Celup

Jenis pompa air berikutnya mungkin lebih sering digunakan sebagai mesin pompa pada aquarium. Sesuai dengan namanya, mesin pompa air ini memang digunakan dengan cara dicelupkan ke dalam air.

Pompa air celup berfungsi untuk menyedot air dan mengalirkan ke dalam alat penyaring air. Cara kerjanya hampir sama seperti mesin pompa air pada umumnya yang memanfaatkan daya centrifugal dari kipas. Mesin ini memiliki banyak jenis, namun rata-rata hanya berfungsi untuk kedalaman air maksimal 5 meter.

5. Pompa Air Booster

Jenis pompa air terakhir ini penggunaannya cukup berbeda dengan mesin pompa air lainnya. Pompa air booster tidak memiliki daya hisap dan umumnya digunakan hanya sebagai pendorong air saja.

Pemasangannya pun harus di dalam sumber air, sehingga biasanya pompa air ini dipasang di tengah instalasi pipa. Biasanya booster pump digunakan untuk mendorong distribusi air pada tandon air yang posisinya cukup tinggi. Jadi fungsi utama pompa air booster ini memang hanya sebagai pendukung daya dorong saja.

Artikel yang sama :
Pemasangan Air Rumah

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis,Jenis-jenis pompa air, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Pemasangan Air Rumah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb