Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Model Rumah

Jenis Pintu Rumah – Dalam mendesain rumah, pintu merupakan salah satu hal yang cukup penting. Baik sebagai pintu masuk ke dalam rumah maupun sirkulasi antar ruang di dalam rumah tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman, desain pintu juga ikut mengalami perkembangan. Mulai dari teknik, teknologi, bentuk, hingga material yang digunakan untuk menciptakan pintu kini sudah sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera.

Berikut kami rangkum beberapa jenis pintu yang bisa menjadi inspirasi rumah idaman Anda.

Pintu Klasik atau Tradisional

Desain pintu satu ini adalah salah satu desain pintu paling banyak digemari. Bentukan pintu jenis ini umumnya terdiri dari panel persegi dengan kombinasi yang variatif. Terkadang dikombinasikan dengan kaca.

Kebanyakan pintu dengan desain seperti ini menggunakan material kayu. Beberapa material kayu yang sering dipakai adalah kayu jati belanda dan pinus.

Desain pintu ini sangat cocok untuk jenis rumah klasik.

Pintu Ukir

Pintu ukir merupakan pilihan tepat untuk menghadirkan kesan etnik pada hunian. Biasanya desain pintu seperti lebih cocok digunakan untuk villa atau resor karena kesan natural yang bisa diciptakannya.

Untuk memberikan tampilan yang maksimal, kombinasikan kehadiran pintu ukir ini dengan perabot rumah tangga ukir ataupun furnitur berbahan natural lainnya.

Pintu Modern Minimalis

Simple, tidak banyak detail dan menggunakan banyak elemen garis adalah ciri dari pintu modern minimalis. Soal material, desain pintu satu ini bisa menyesuaikan dengan berbagai material, mulai dari papan kayu, aluminium, hingga PVC.

Gaya seperti ini cocok untuk jenis rumah modern maupun minimalis dan bisa dikombinasikan dengan berbagai perabotan modern untuk hunian dengan gaya minimalis hingga modern.

Pintu Lengkung

Pintu lengkung sebenarnya masuk dalam kategori desain pintu klasik/tradisional. Kebanyakan desain pintu seperti ini menggunakan material kayu, tapi tidak jarang kini orang-orang mulai memproduksinya dengan aluminium untuk mempermudah pengerjaannya.

Pintu Screen

Pintu screen merupakan pilihan tepat untuk kamu yang menginginkan desain rumah yang terbuka. Meskipun begitu, desain pintu seperti ini biasanya tidak digunakan sebagai pintu utama. Jenis pintu ini cocok untuk rumah tropis yang memiliki banyak bukaan.

Pintu Rustic

Dengan banyak elemen kayu yang menonjol juga metal, desain pintu ini sangat selaras untuk menghidupkan gaya rumah industrial. Apalagi jika hunian memang banyak menggunakan perabot industrial ataupun old fashioned interior.

Pintu Geser

Pintu geser dapat dibuat material apa saja, mulai dari kaca hingga aluminium. Pintu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi ruangan untuk area yang mungkin pada saat tertentu perlu digunakan bersama sebagai satu ruang besar. Jenis pintu ini cocok untuk rumah modern.

Pintu Lipat

Untuk rumah yang memiliki banyak bukaan yang besar dan luas, pintu lipat bisa jadi pilihan selain pintu geser. Pintu lipat juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi pembatas antar ruang.

Namun, dibandingkan pintu geser, pintu lipat bisa memberikan bukaan yang lebih maksimal meskipun desain pintu ini membutuhkan area lebih karena daun pintu memerlukan ruang untuk bisa melipat pintunya.

Artikel yang sama :
5 Jenis Kayu Terbaik untuk Pintu

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, gratis ngurus imb, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Jenis Pintu Rumah, Kayu Terbaik Untuk Pintu, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb