Pembuatan Rangka ACP

Pembuatan Rangka ACP – Aluminium Composite Panel (ACP) adalah material yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan finishing terhadap bangunan. ACP ini biasanya dipasang menutupi permukaan dinding bagian eksterior. Penggunaan ACP akan membuat desain eksterior bangunan menjadi tampak lebih mewah, bergaya, dan futuristik. Proses pemasangan ACP (Aluminium Composite Panel) sendiri terdiri atas empat pekerjaan utama yang harus dilaksanakan dengan baik. Nah apa saja tahapan yang harus di lakukan, mari kita ulas satu persatu :

1. Pekerjaan Persiapan

Langkah Awal pastinya kita harus mempersiapkan secara teknis dan non teknis pekerjaan tersebut. Pekerjaan non teknis antara lain seperti persiapan administrasi meliputi survey lokasi, gambar desain, rab, MC-0 dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting karena dari data tersebut kita dapat menyiapkan budget & material sebagaimana yang di butuhkan secara detail agar pekerjaan tidak terhambat ketika sedang berlangsung.
Sedangkan persiapan secara  teknis meliputi mob demob alat, matrial dan pekerja, dan juga alat bantu untuk menunjang pekerjaan seperti scaffolding / steger.

Untuk persiapan material harus benar-benar teliti, terutama dalam pengadaan material ACP jangan sampai salah dalam menentukan jumlah material yang dibutuhkan dan  kode warna nya. Karena kalo gak teliti bisa jadi waste (buangan) nya banyak

2. Pekerjaan Rangka ACP

Dalam memenuhi pekerjaan Rangka ACP ini kita harus memperhatikan struktur yang dibutuhkan sesuai kondisi lokasi pekerjaan ataupun sesuai spek yang telah di tentukanArtikel kali ini akan membahas mengenai Modul Rangka ACP standar seperti pemasangan ACP pada dinding.

Maka matrial untuk modul standar ini antara lain :

– Hollow Besi Galvanis / Hollow Aluminium

Jika menggunakan hollow galvanis harga nya relatif lebih murah dari hollow aluminium, namun tergantung dari kebutuhan yang di perlukan. Dan cara merakitnya pun lebih mudah dan cepat, bisa dengan cara di las ataupun menggunakan skrup baja ringan, selain itu dari segi kekuatan juga kuat.

Untuk Hollow yang sering digunakan ukuran 2×4 dan 4×4, ukuran hollow 4×4 biasanya untuk tiang penyangga agar lebih kuat sedangkan yang 2×4 untuk ambangan.

– Braket Siku 

Braket siku ini untuk memperkuat dudukan Rangka Hollow, bisa di potong per 10 cm / 20 cm  atau sesuai kebutuhan saja, pengaplikasian nya bisa menggunakan dynabolt / skrup pasang besar + fiser untuk yang menempel di dinding, dan untuk yang menempel di rangka bisa di las atau di skrup.

Perakitan Rangka harus benar-benar akurat sesuai ukuran modul ACP menurut spesifikasi dan gambar teknis yang ada.
Untuk diketahui misalnya pada gambar ukuran modul acp 120 x 120 cm
maka perakitan rangka nya biasanya menggunakan ukuran as 118 x 118 cm ataupun tetap pada ukuran as 120 x 120 cm tergantung dari metode pemasangan nya.

3. Proses Pekerjaan ACP

Lakukan pengukuran sesuai modul yang telah di tentukan. Modul biasanya di sesuaikan dengan rangka yang telah di buat.

Alat yang digunakan untuk fabrikasi acp ada berbagai jenis, di antaranya :

  • Lakukan pemotongan atau pembuatan profil untuk bendingan sesuai dengan ukuran, Apabila menggunakan handrouter kecil ukuran di tambah 4,5 cm sesuai as router nya.(contoh untuk membuat bendingan 2 cm maka ukuran untuk membuat profil menjadi 6,5 cm)
  • Setelah modul ACP dibending kemudian tekuk bendingan tersebut agar kemudian di berikan braket aluminium, braket nya bisa pakai spigot atau stiffener. Profil spigot yang berbentuk siku aluminium sedangkan stiffener profilnya seperti angka 2
  • braket ini berfungsi untuk mengunci ACP pada rangka dengan sistem skrup. Banyak nya braket yang di pasang tergantung ukuran modul ACP, standarnya untuk modul ukuran kotak 118 x 118 cukup pasang braket tiap tepinya 2 buah atas dan bawah, jadi total 1 modul menggunakan 8 braket.
    Proses selanjutnya tinggal kita pasangkan modul ACPtersebut pada rangka yang telah kita buat. Untuk pemasangan nya tinggal kita skrup dari braket ke rangka, di sarankan pada pemasangan modul ACP menggunakan benang agar lurus dari ujung ke ujung nya. Usahakan juga level tiap permukaan acp sama rata ( tidak ngesil ).
  • untuk pemasangan ACP usahakan arah panah atau gambar yang ada pada proteksi sama arah nya, mungkin selain dari segi estetika ada yang beranggapan juga kalau sebagian ACP ada gradasi warna nya.

4. Pekerjaan Finishing

Pekerjaan ini tahapan terakhir yang sangat menentukan juga dari segi estetika, jadi sobat harus benar-benar memilih tukang yang  sudah ahli dalam bidangnya terutama dalam menyilen ( bahasa proyek ).

Peralatan & material yang di butuhkan antara lain:
– Sealent sebaiknya menggunakan sealent netral, dan pilih sesuai warna nat yang di butuhkan
– backup / karet busa spon berfungsi untuk mengganjal dasar nat agar sealent tidak terlalu boros, pilih warna backup yang tidak terlalu mempengaruhi ke warna sealent, misalkan warna sealent nya putih sebaiknya menggunakan backupnya juga putih. Backup ini selain untuk mengganjal nat di pakai juga untuk menarik dan meratakan sealent.
– lakban kertas fungsinya untuk membuat marking pada tepian nat agar sealent yang ditarik tidak meluber kemana-mana

Cara kerja pemasangan ACP:
– Sobek sedikit proteksi ACP yang ada pada tepian nat
– Ganjal dasar nat antar ACP dengan backup
– Pasang lakban kertas pada tiap tepian nat sebagai marking
– Kucurkan sealent pada celah permukaan nat yang telah diganjal backup
– Kemudian tarik dan ratakan sealent tersebut menggunakan tarikan backup, usahakan satu tarikan agar hasil nya bagus
– Setelah permukaan sealent nya rata langsung copot lakban kertasnya sebelum sealentnya mengering
– Kemudian setelah yakin semuanya rapih sobat bisa membuka proteksi ACPnya, usahakan setelah proteksi ACP dilepas jangan memegang lagi permukaan ACP karena akan terlihat kotor bekas tangan atau ceceran sealent.

Artikel yang sama :
Pembuatan Rangka ACP

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, 5 Merk ACP Terpopuler, Tips Pemasangan ACP Pada Bangunan, gratis ngurus imb, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, 10 Jenis Lantai Marmer, Pembuatan Rangka ACP, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb