Penanggung Jawab Proyek Konstruksi (Pimpro)

Penanggung Jawab Proyek Konstruksi atau Pimpro (Pemimpin Proyek) adalah seseorang yang dapat menerima tanggung jawab untuk mengemban tugasnya dengan didasari oleh keyakinan bahwa sumber daya tertentu yang diberikan kepadanya layak untuk dapat dikelola dan diproses menjadi keluaran-keluaran yang diharapkan.

Selain menggunakan seperangkat alat-alat manajemen yang tersedia, diharapkan dapat mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mempengaruhi, menyesuaikan, dan mengkoordinasi semua sumber daya tersebut dalam melaksanakan sebuah proyek atau lebih

Pimpro adalah seseorang atau lembaga lini terdepan yang berhadapan langsung dengan permasalahan di proyek-proyek.

Adapun tugas-tugas seorang Pimpro mulai dari awal hingga proyek selesai adalah:

Tahap Koordinasi

Melakukan koordinasi dengan divisi marketing yang berkaitan dengan jadwal pembangunan proyek. Dari situ seorang pimpro mendapatkan informasi tentang proses pembelian oleh konsumen untuk kemudian ditindaklanjuti dengan mempersiapkan pembangunannya.

Dengan divisi konstruksi seorang pimpinan proyek juga perlu berkoordinasi tentang rencana dan jadwal pembangunan fisik proyek.

Selain itu, pimpinan proyek terus berkoordinasi dengan divisi perencanaan berkaitan dengan desain dan perubahannya (jika diperlukan), gambar kerja, spesifikasi material dan lain-lain.

Tahap Persiapan Lahan

Pada tahap persiapan ini, seorang pimpro mengatur jadwal pekerjaan persiapan lahan, baik dilakukan secara manual dengan tenaga manusia maupun dengan alat berat bila diperlukan, sesuai dengan kondisi lahan.

Tahap Pelaksanaan Proyek

Untuk menjamin pelaksanaan proyek sesuai dengan target yang ditetapkan, sudah menjadi tugas seorang pimpro untuk mengkoordinasi seluruh staf masing-masing divisi agar bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi kerja masing-masing.

Caranya adalah dengan meminta manajer atau masing-masing staf divisi membuat rencana kerja tiga bulan pertama dan rencana kerja tahunan atau sesuai jangka waktu pelaksanaan proyek. Dia juga wajib memeriksa laporan perencanaan masing-masing divisi dan memberikan catatan penyempurnaan.

Tidak lupa ia berkoordinasi dengan divisi keuangan untuk membuat rencana anggaran per-tiga bulan dan selalu di update untuk dirapatkan setiap minggunya.

Tahap Pembangunan

Pada tahap ini, tugas seorang pimpinan proyek adalah melaksanakan pembangunan unit rumah yang mengacu pada rencana anggaran pelaksanaan, jadwal proyek (time schedule), gambar kerja, dan surat perintah kerja (SPK) kepada divisi konstruksi/kontraktor.

Tahap Pengawasan

Pengawasan dilakukan terhadap kualitas bahan, pekerja, proses pengerjaan dan hasil kerja. Pengawasan ditujukan untuk mendapatkan kualitas pekerjaan seperti yang diharapkan.

Tahap Perawatan

Pada tahap ini pekerjaan pembangunan proyek sudah selesai di mana proyek sudah diserahterimakan kepada klien. Namun biasanya dalam berita acara serah terima dicantumkan pasal tentang jaminan perawatan bangunan oleh developer.

Artikel yang sama :
Penanggungjawab Lapangan

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

arsitek nasional, tokoh arsitek nasional, tokoh arsitek indonesia, 10 arsitek nasional terpopuler, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Penanggung Jawab Proyek Konstruksi, kontraktor dalam makna sebenarnya, profesi tukang bangunan, arsitek yang sesungguhnya, 10 arsitek nasional terpopuler, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb