10 Perusahaan Kontraktor Terbesar di Indonesia

Perusahaan Konstruksi di Indonesia

Perkembangan pesat pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak terlepas dari aktivitas dan pekerjaan perusahaan konstruksi di Indonesia. Perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik adalah perusahaan yang berpengalaman dan bersertifikat serta bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan perencana pengembangan saat ini.

10 Perusahaan Konstruksi di Indonesia

1. PT Adhi Karya (Persero) Tbk

Perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini pada awalnya milik Belanda yang berpusat di Jakarta. Sebelumnya bernama “Architecten-Ingenicure-en Annemersbedrijf Associatie Selle en Bruyn, Reyes de Vries N.V” atau disingkat Associate N.V. Perusahaan dinasionalisasi pada 11 Maret 1960 dan mengganti nama Perusahaan menjadi Negara Adhi Karya (PN).
Sejauh ini, PT Adhi Karya memiliki beberapa anak perusahaan, seperti Adhi Persada Beton, Adhi Persada Gedung dan Adhi Persada Properti.

2. PT Amarta Karya (Persero)

Mirip dengan PT Adhi Karya, PT Amarta Karya adalah perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia yang dulunya juga milik Belanda yang dinasionalkan di tahun 1962. PT Amarta Karya (Persero) merupakan sebuah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang konstruksi dan telah memperluas kegiatannya ke konstruksi sipil, listrik dan mekanik.

3. PT Brantas Abipraya (Persero)

PT Brantas Abipraya adalah perusahaan persero yang didirikan pada 12 November 1980. PT Brantas Abipraya dikenal dari hasil pemekaran dari proyek induk pengembangan wilayah sungai Brantas. Perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi terutama bendungan dan konstruksi air lainnya yang kemudian sudah berkembang di bidang konstruksi yang lebih besar.

4. PT Hutama Karya (Persero)

Perusahaan besar ini awalnya adalah perusahaan swasta milik Hindia Belanda sebelumnya bernama Hollandsche Beton Matschappij (HBM) kemudian dinasionalisasi pada tahun 1961 menjadi PN Hutama Karya
PT Hutama Karya memiliki beberapa anak usaha seperti PT Hakaaston, PT Hakapole, PT Hutama Karya Infrastruktur, dan PT HK Realtindo. Salah satu proyek besarnya adalah proyek Jalan Tol Trans – Sumatra.

5. PT Leighton Contractors Indonesia

PT Leightin Contractors Indonesia merupakan kontraktor swasta internasional yang berasal dari Hongkong, Cina yang bergerak melayani dan menangani berbagai proyek arsitektur dan sipil. PT Leightin Contractors Indonesia mulai beroperasi di Indonesia pada kisaran tahun 2000.

6. PT Nindya Karya (Persero)

Awal nama perusahaan dari nama N.V. Nederlands Aannemings Maastchappij (NEDAM) v / h Fa.H. Boersma, sebuah perusahaan milik Belanda yang kemudian berubah nama menjadi PT Nindya Karya dan di nasionalkan pada tahun 1961. Perusahaan ini bergerak dibidang konstruksi, engineering procurement construction (EPC). Hasil karyanya berupa pembangunan Hotel Horison Nindya yang berada di Semarang, Stadion Patriot Bekasi, dan pembangunan industri dan fasilitas perlindungan lingkungan, bendungan dan sistem irigasi serta jembatan, dll.

7. PT PP (Persero) Tbk

PT PP (Pembangunan Perumahan) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan dan konstruksi bangunan, seperti manajemen gedung, pengembangan properti dan realti
Hasil karyanya termasuk hotel di Indonesia, hotel di Pantai Bali, hotel di Istana Ambarukmo dan hotel di Pantai Samudera.
PT PP juga memiliki beberapa anak perusahaan seperti PT PP Properti, PT PP Infrastruktur, PT PP Energi, PT PP Urban, dan PT PP Presisi.

8. PT Total Bangun Persada Tbk

Nama awal dari perusahaan kontraktor ini adalah PT Tjahja Rimba Kentjana yang didirikan pada 4 September 1970 yang kemudian mengubah nama menjadi PT Total Bangun Persada pada tahun 1981 yang bergerak di bidang bangunan dan konstruksi.
Beberapa hasil karyanya adalah Konvensi dan Teater JIEXPO, ICE BSD, Menara Astra, Menara Kompas, Gedung BRI Menara BSD, Persimpangan BSD, dll.

9. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

PT Wijaya Karya adalah sebuah perusahaan konstruksi yang dinasionalkan pada 19 Maret 1960. Awal karir WIKA berkembang menjadi pemborong pemasangan jaringan listrik tegangan rendah, menengah, dan tinggi. Di awal tahun 1970, WIKA memperluas usahanya menjadi perusahaan kontraktor sipil dan bangunan perumahan. WIKA pernah menjadi bagian dari jasa konstruksi proyek Gelanggang Olahraga Bung Karno untuk GANEFO dan Asian Games ke-4 di Jakarta

10. PT Waskita Karya (Persero) Tbk

PT. Waskita Karya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan didirikan dengan nama PT. Waskita Karya pada tanggal 01 Januari 1961 dan merupakan hasil nasionalisasi Belanda yang dulunya bernama Volker AAnnemings Maatschappij N.V.

Demikian 10 perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia. Masih banyak perusahaan konstruksi terbesar lainnya, namun kontraktor terbesar yang tercantum di atas dipilih berdasarkan sangat familer dan diketahui oleh masyarakat Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan.

 

 

 

 

 

Artikel yang sama :
10 Perusahaan Arsitek Terbesar di Indonesia

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

arsitek nasional, tokoh arsitek nasional, tokoh arsitek indonesia, 10 arsitek nasional terpopuler, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, 10 arsitek nasional terpopuler, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb

[/vc_column_text]

Perusahaan Konstruksi di Indonesia

[/vc_column][/vc_row]