Material Finishing Kitchen Set

Material finishing kitchen set ini akan melindungi bahan material dasar agar dapat tahan lama, terhindar dari zat yang dapat merusak dan menjaga kualitas dari produk itu sendiri.

Material finishing ini yang nantinya akan menutup keseluruhan permukaan kayu jenis kayu multiplek (teakwood) atau setara dan mempercantik tampilan. Bentuk fisiknya dapat berupa cat dan lampiran pelapis (laminasi) dalam bentuk lembaran atau rol.

Berikut akan dijelaskan beberapa material finishing kitchen set:

1. Cat Duco

Finishing cat duco merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat kitchen set tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Dengan pilihan warna yang beragam, finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahan itu sendiri.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dan optimal, diperlukan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dengan finishing ini. Bagi yang menyukai warna mengkilap bisa menggunakan glossy finishing, dan bagi yang sebaliknya bisa menggunakan doff ataupun semigloss.

finishing cat duco lebih banyak menggunakan metode penyemprotan (spray) daripada kuas pada permukaan furniture.

2. HPL (High Pressure Laminate)

HPL  terbuat dari campuran Akrilik dan kayu. Lapisan luarnya menyerupai kayu dan mengandung serat-serat kayu, tapi bagian belakangnya akrilik. Memiliki keunggulan pada kekuatan dan tingkat elastisitasnya. Ini diakibatkan oleh serat dari campuran akrilik dan kayu yang dimilikinya. Sifatnya yang kuat dan elastis membuat bahan ini mudah untuk ditekuk sehingga sangat baik untuk melapisi pinggulan furniture.

HPL biasanya berbentuk lembaran ukuran 120cm x 240cm dan tebal 3mm. Variasi motif dan warna cukup banyak serta permukaannya bertekstur. Harga bervariasi tergantung merk dan motifnya. Warna polos relatif murah.

Cara pemasangannya yaitu direkatkan menggunakan lem. HPL juga banyak digunakan untuk material finishing kitchen set, karena sangat mudah dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas.

3. PVC (Poly Vinyl Carbonate)

PVC merupakan lapisan berbentuk lembaran seperti halnya HPL, yaitu juga sebagai pelapis buatan pabrik. Bahan ini lebih lentur dan terbuat dari plastik, sehingga mudah dalam pengaplikasian pada bahan dasar furniture. Permukaannya lebih halus dibanding bahan dari plastik lain, seperti taco sheet dan deco sheet.

Berbentuk lembaran ukuran 120cm x 240cm dan tebal 3mm. Pilihan warna dan coraknya juga cukup beragam tetapi terbatas hanya ada coklat dan warna turunannya. Ada yang polos dan juga bertekstur serta bermotif serat kayu. Harganya relatif murah.

4. Decosheet

Decosheet terbuat dari bahan plastik, lebih tipis dari tacosheet tetapi sangat fleksibel dan dapat mengikuti bentuk kitchen set semisal lengkung dll. Bahan ini tidak mudah mengelupas. Namun karena jenis bahannya yang tipis, jika penggunaan tidak apik dan rapih bahan ini mudah robek karena tidak tahan terhadap panas dan minyak.
Decosheet berbentuk gulungan dengan tinggi 120cm, tebal kurang dari 1mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Mempunyai variasi motif cukup banyak dan harganya paling murah dibanding jenis laminate lainnya.

5. Tacosheet

Tacosheet merupakan bahan sintetis yang permukaannya sedikit bertekstur. Pilihan variasi warna yang ada di pasaran cukup banyak. Bahan ini mudah dibersihkan apabila terkena noda dan minyak, namun memiliki kelemahan warna yang berubah menjadi kekuningan dan motif yang pudar jika digunakan dalam waktu lama.

Sama seperti decosheet, terbuat dari plastik, kekurangan lainnya dari pelapis ini adalah tidak tahan panas, warna yang mudah memudar dan berubah menjadi kekuningan, sehingga mengurangi keindahan perabot kayu Anda.
Berbentuk gulungan dengan tinggi 120cm, tebal kurang dari 1mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Variasi motif cukup banyak dan permukaannya bertekstur.

Artikel yang sama :
Material Terbaik untuk Kitchen Set

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, Material Terbaik Untuk KitchenSet, Mengenal Konsep Smart Kitchen, Mengenal Konsep Smart Kitchen, Mengenal Konsep Smart House, Mengenal Konsep Smart House, gratis ngurus imb, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb