Jenis Instalasi AC Rumah

Jenis Instalasi AC Rumah – Pendingin ruangan atau  Air Conditioner (AC), adalah mesin atau alat yang dirancang untuk menstabilkan suhu dan kelembaban udara suatu tempat/ruangan. Konsep AC sendiri diketahui telah diterapkan sejak zaman Romawi Kuno pada abat pertengahan. Sedangkan untuk era modern yang sudah mulai menggunakan bahan kimia untuk pengoperasiannya, AC baru populer di abad ke 19.

Berikut ini adalah beberapa Jenis AC dan cara Instalasinya yang cocok pada rumah:

1. AC Split Wall

AC Split Wall adalah yang paling banyak penggunaannya untuk pemakaian personal di rumah-rumah, atau juga di kantor-kantor yang masih berskala kecil. AC dengan jenis ini memiliki dua unit yang digunakan dalam proses instalasinya, yaitu unit indoor dan unit outdoor. Untuk unit outdoor, di dalamnya terletak compressor AC.

Jenis AC Split Wall ini memiliki prinsip kerja dengan cara refrigerant (freon) dipompa ke koil pendingin melalui saluran (duct), yang dihubungkan melalui pipa conduit (biasanya berdiameter 3 inch). Dalam proses instalasinya pipa conduit tersebut dipasang menembus tembok untuk menghubungkan unit outdoor dan indoor.

Saat instalasi AC Split Wall harus melakukan proses pembuatan lubang di tembok, sehingga saat dibongkar akan meninggalkan lubang di tembok tersebut.

2. AC Floor Standing

AC Floor Standing ini unitnya berbeda dengan  AC Split, dimana pada jenis ini hanya memiliki satu unit saja, yaitu unit indoor. Untuk AC jenis ini air juga digunakan sebagai proses untuk menghasilkan udara dingin, sehingga di dalam unit AC ini terdapat tank yang digunakan untuk media penampungan air nantinya. Biasanya jenis ini digunakan untuk ruangan yang cukup luas.

Untuk proses instalasinya tidak perlu melakukan pelubangan pada dinding. Bentuknya portabel, sehingga mudah untuk disimpan atau dipindah tempatkan. Namun untuk penggunaan daya listrik yang tidak kecil (biasanya 1000 watt atau lebih).

3. AC Split Duct

AC ini memiliki cara kerja dengan sistem ducting sebagai cara mendistribusikan hawa dingin ke seluruh ruangan. AC ini menggunakan satu titik kontrol (biasanya ruangan kontrol) untuk mengatur rendah atau tingginya suhu yang didistribusikan. Semakin berkembangnya zaman, AC jenis Split Duct ini ikut berkembang sesuai dengan permintaan pasar akan efisiensi, baik dari segi material, desain, perawatan dan energi yang digunakan.

4. AC Inverter

Sebetulnya AC jenis ini tidak berbeda bentuk atau tipenya dengan jenis AC yang pertama, yaitu bentuk split wall. Hanya saja yang membedakannya adalah sistem yang digunakan pada AC jenis ini sudah menggunakan sistem inverter. Sistem inverter ini adalah teknologi yang digunakan untuk mengontrol kecepatan kompresor untuk mendorong aliran freon dalam AC. Karena kemampuannya dalam mengontrol kecepatan kompresor, AC jenis ini dikenal juga sebagai unit AC yang hemat daya atau ramah lingkungan.

Artikel yang sama :
Instalasi Anti Petir pada Rumah

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, gratis ngurus imb, Jenis Instalasi AC Rumah, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, Jenis dan Instalasi Anti Petir, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb