Pemasangan Box Panel Genset Rumah

Pemasangan Box Panel Genset – Pasti anda pernah menemui sebuah kotak besar yang memiliki pintu di mana di dalamnya berisi seperangkat listrik, tombol dan daya listrik? Mungkin kita bertanya-tanya apa dan bagaimana fungsi dari benda tersebut. Benda tersebut adalah panel listrik.

Sebuah panel listrik memiliki fungsi yang sangat penting. Llistrik adalah sumber energi yang membantu aktivitas sehari-hari. Bisa dibayangkan jika dalam kehidupan sehari-hari listrik tidak berfungsi? Tentu dalam kondisi gelap tidak banyak yang dapat dilakukan.

Penyaluran arus daya listrik melalui panel ditandai oleh keberadaan kotak panel listrik yang dapat kita lihat di berbagai tempat. Lalu bagaimana sih pemasangannya?

Sebelum mulai mengetahui syarat dan metode pemasangan panel listrik, alangkah baiknya pahami dulu beberapa variasi yang ada pada jenis panel listrik yang sering digunakan oleh mayoritas orang.

Panel listrik adalah sebuah perangkat yang membagi, menyalurkan, dan mendistribusikan tenaga listrik dari pusat listrik ke audien atau pengguna listrik. Sumber listrik tersebut bisa berasal dari trafo PLN atau generator set (genset).

Terdapat 3 syarat sehubungan dengan pemasangan panel listrik sebagai berikut.

  1. Aman lingkungan yaitu terhadap manusia, bangunan, dan lingkungan.
  2. Memenuhi fungsi sebagai perangkat pusat dari distribusi powertenaga listrik sebelum didistribusikan ke pengguna listrik.
  3. Sistem pengaman instalasi listrik sebagai sakelar on/off power listrik haruslah terpenuhi.

Terdapat 2 jenis panel listrik, yaitu panel daya dan panel distribusi listrik. Fungsi dari kedua panel ini cukup lah penting dalam mempermudah pembagian energi listrik secara merata, sekuritas instalasi, pemakaian, pemeriksaan, dan maintenance panel listrik.

Panel daya adalah tempat untuk menyalurkan serta mendistribusikan energi listrik dari gardu induk step down ke panel-panel distribusi. Baik untuk instalasi tenaga maupun untuk instalasi penerangan, panel distribusi daya menjadi tempat untuk menyalurkan energi listrik dari panel daya ke beban panel (pengguna).

Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi Panel Listrik sangatlah penting untuk keperluan sehari-hari. Dalam mendapatkan energy listrik tambahan kita dapat menggunakan genset yang didukung dengan fungsi perangkat Panel Listrik.

Trik Aman Memakai Genset

Di samping cara instalasi yang harus benar ketika memasang generator, hal yang tak boleh dilupakan bagi pemilik genset adalah penggunaannya yang tepat dan aman. Mempunyai listrik berlisensi ketika menginstal generator milik Anda tentunya bisa melindungi keselamatan dan keamanan di rumah Anda. Untuk menggunakan dan memakai generator yang benar-benar aman tentu wajib mengikuti aturan dan cara yang sudah ada dengan menghubungkan generator menuju stop kontak di rumah Anda. Adapun beberapa tips dan trik aman memakai generator di antaranya :

  1. Hindari Memasang Generator Portabel di Stopkontak

Dengan memasukkan generator di stopkontak umumnya dapat memudahkan matinya jaringan listrik serta bisa melukai pekerja utilitas maupun tetangga di rumah Anda. Solusinya hubungkan peralatan pada kabel luar menuju outlet tempat generator.

  1. Hindari Menghubungkan Generator Secara Langsung Pada Kabel Rumah

Dengan menghubungkan generator listrik portabel secara langsung pada kabel rumah bisa berakibat fatal untuk Anda maupun orang lain. Generator yang terhubung langsung pada rumah bisa memberikan umpan balik menuju saluran listrik menuju rumah Anda. Selain itu hal tersebut pun bisa mengakibatkan kerusakan yang begitu fatal pada peralatan utilitas listrik maupun generator Anda. Adapun solusi yang aman dan tepat adalah mempunyai kontraktor listrik yang berlisensi memasang saklar transfer.

  1. Hindari Membebani Generator Anda

Jangan pernah mengoperasikan berbagai macam peralatan, di mana melebihi daya output yang berasal dari generatorAnda. Di mana pemakaian generator secara overloading bisa merusak berbagai peralatan maupun elektronik berharga Anda di rumah. Dalam hal ini Anda harus memprioritaskan keperluan Anda. Generator listrik yang portabel seharusnya dipakai hanya jika diperlukan saja, dan biasanya hanya untuk peralatan dengan daya seperlunya yang benar-benar penting.

  1. Hindari Menyimpan Generator di Ruangan Yang Berbahan Bakar

Untuk menyimpan generator yang berbahan bakar ini sebaiknya simpan di tempat yang aman, hindari menyimpannya di area yang memiliki bahan bakar. Ketika Anda sedang mengisi bahan bakar untuk generator sebaiknya hindari dari sumber api maupun rokok. Pastikan Anda selalu menerapkan alat pemadam kebakaran di area yang berdekatan dengan lokasi pemasangan generator.

  1. Baca Segala Aturan dan Petunjuk Produsen Generator

Saat Anda memasang generator, sebaiknya patuhi segala tata cara dan aturan pemasangannya. Patuhi segala instruksi pemasangan generator portabel yang dimiliki. Dengan begitu Anda dan keluarga pun akan terhindar dari bahaya pemasangan genset yang salah.

Artikel yang sama :
Pemasangan Water Heater Pada Rumah

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, gratis ngurus imb, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Tips Tempah Prabot Rumah, Tips Tempah Prabot Rumah, Teknik Pemasangan Lantai Keramik, 10 Jenis Lantai Marmer, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb