10 Karya Arsitek Zaha Hadid

10 Karya Arsitek Zaha Hadid – Zaha Hadid adalah perempuan pertama yang mendapatkan gelar kehormatan Pritzker Architecture Prize. Sederet award lainnya pun pernah ia dapatkan, salah satunya Penghargaan Striling di 2010 serta 2011. Wanita blesteran Inggris-Irak bernama lengkap Dame Zaha Mohammad Hadid. Ia lahir pada 31 Oktober 1950 dan meninggal dunia pada 31 Maret 2016.

Berikut adalah 10 karya Zaha Hadid yang menginspirasi dunia arsitektur yang bisa kamu kunjungi di berbagai belahan dunia.

1. Vitra Fire Station di Weil am Rhein, Jerman

Proyek pertama Hadid yang berhasil diselesaikan dengan apik. Gaya arsitektur yang berani dengan warna yang sangat kontras pada masanya. Pos pemadam yang ada di Jerman ini mengusung material beton miring. Tak seperti umumnya sebuah kantor pemadam kebakaran yang kaku. Bangunan ini layaknya sebuah karya seni post-modern yang memukau. Bangunan rancangan arsitek ini disebut-sebut jadi penanda kebesaran namanya di dunia arsitek.
Serangkaian dinding beton hingga bagian atapnya merupakan sisi ikon yang begitu menarik, menjulang tinggi dan saling keterkaitan ruang, kekosongan dan garis. Kesederhanaan di tiap aspeknya terlihat dari bentuk dinding yang nyaris tanpa ornamen.

2. The Riverside Museum, Skotlandia

Museum transportasiIni salah satu proyek pertama Hadid yang digarap di Inggris yang merupakan museum transportasi. Seperti namanya, museum ini berdiri bersebelahan dengan sungai Clyde, Glasgow. The Riverside adalah salah satu bangunan Hadid yang paling indah. Eskterior dengan atapnya yang zig-zag dan eksentik tampak menyatu dengan riak air di dekat Sungai Clyde. Karya hadid yang tidak biasa ini menjadikan Museum Riverside ikon baru di Glasgow.

3. MAXXI – National Museum of the 21st Century Arts di Roma, Italia

Hadid menggambarkan museum ini sebagai media pendidikan seni, bukan sebagai tempat jualan/pameran semata. Sehingga harus dirancang untuk menciptakan jalur yang dinamis dan interaktif. Media massa The Guardian menyebut bangunan ikonik ini sebagai salah satu masterpiece Zaha Hadid. Bangunan yang berdiri di bekas barak militer Montello ini merupakan bangunan nasional Italia yang dibangun dengan konsep kontemporer.
Dibangun dalam kurun waktu 10 tahun, terdapat dua museum yang menjadi daya tarik utama. Yakni museum arsitektur nasional Italia serta museum koleksi seni kontemporer.

4. Guangzhou Opera House di Guangzhou,China

Bangunan ini dibuat mengikuti kaidah estetika ala Zaha Hadid yang terkesan futuristik. Adanya unsur rajutan menambah rasa manis sekaligus mencerminkan unsur kebudayaan Cina. Guangzhou Opera House merupakan bangunan megah yang digunakan untuk tempat pembukaan Asian Games. Gaya arsitektur kontemporernya begitu memanjakan mata. Kompleks seluas 70.000 meter persegi ini memiliki tampilan batu kristal yang seolah hanyut di laut. Terdapat dua bangunan di mana tujuan utama proyek tersebut untuk meningkatkan fungsi kota dengan membuka akses sungai.
Auditoriumnya mampu menampung kapasitas pengunjung hingga 1.800 orang. Terdapat juga ruang multifungsi dengan kapasitas 400 kursi. Ruang serbaguna tersebut juga bermanfaat sebagai area untuk pertunjukan seni, konser, hingga opera

5. London Aquatics Centre di London, Inggris

Dirancang sebagai salah satu fasilitas utama untuk memenuhi kebutuhan Olimpiade 2012 dan menjadi salah satu fasilitas berenang termegah yang dimiliki London.

6. CMA CGM Tower di Marseilles, Prancis

Proyek CMA CGM Tower adalah gedung yang sekaligus simbol hubungan antara pelabuhan dan kota Marseille. Bangunan ini memiliki panjang 135 meter dengan tinggi 147 meter.

7. Library and Learning Center, Vienna

Hal utama dari bangunan ini adalah struktur kantilever yang melintang di sepanjang lanskapnya merupakan ciri khas yang begitu elegan. Bangunan yang ada di kota Vienna Austria ini memang didesain dengan mengusung aneka elemen unik yang saling melengkapi satu dan lainnya. Library and Learning Center di Vienna ini miliki universitas ekonomi di negara tersebut.

8. Heydar Aliyev cultural center, Baku

Hadid memang sangat berani dalam membuat lengkungan dan kurva sebagai ciri khas desain arsitekturnya. Heydar Aliyev Center merupakan karya Hadid yang berhasil menyabet penghargaan 2014 Design of the Year dari Design Museum London dan wanita pertama yang meraih penghargaan tersebut. Bangunan yang ada di Baku, Azerbaijan ini memiliki konsep geometri nan berliku. Gaya islaminya begitu khas dengan komposisi urutan kolom, grid, dan baris yang membentuk ruangan bertingkat serta hiasan kaligrafinya juga mengalir sempurna mulai dari dinding hingga langit-langit. Tak khayal jika rancangan tersebut menjadi salah satu bangunan monumental yang ada di negara itu. Bangunan ini memiliki sebuah auditorium untuk pentas, sebuah ruangan galeri dan sebuah museum.

9. Galaxy Soho, Beijing

Meskipun gaya arsitektur Hadid tak diragukan lagi dan kerap mendapatkan penghargaan, namun pada bangunan yang satu ini justru malah dikritik karena tidak menyesuaikan kearifan lokal yang ada. Kompleks mixed used ini terdiri dari gedung-gedung perkantoran, ruko dan pusat hiburan. Bangunan ini benar-benar seperti di sebuah bangunan masa depan dalam film science fiction.

10. Pierresvives, Montpellier

Dalam rancangan satu ini, Hadid mempersatukan tiga identitas dalam satu karya yakni menaungi perpustakaan arsip, perpustakaan, dan tempat berolah raga dengan ciri khas lengkungan elok di area fasad sehingga menciptakan bentuk bangunan yang begitu berkesan. Kualitas beton dan geometris Pierresvives membuat bangunan tampak gagah

Semoga dapat menambah wawasan dalam mengenal sejarah di dunia arsitek.

Artikel yang sama :
10 Karya Arsitek Frank O Gehry

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, 10 arstiek internasional terpopuler, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, 10 Karya Arsitek Frank O Gehry, 10 Karya Arsitek Zaha Hadid,10 Karya Arsitek Zaha Hadid, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]