Penanggung Jawab Teknis (Project Manager)

Penanggung jawab teknis (Project manajer) adalah seorang profesional di bidang manajemen proyek yang memiliki tanggung jawab dalam perencanaan, pengadaan dan pelaksanaan proyek dari awal hingga selesai.

Seorang PM yang baik hendaknya mempunyai kemampuan memimpin yang ditentukan berdasarkan karakternya dan kompetensi yang memadai.

PM harus memiliki setidaknya tiga kompetensi dasar yang meliputi kompetensi konseptual (conceptional skill), kompetensi sosial (humanity skill), dan kompetensi teknis (technical skill). Kompetensi dasar inilah yang akan berkembang menjadi keahlian seorang manajer proyek dan merupakan suatu karakteristik dari pemimpin proyek.

Menurut Project Management Body of Knowledge (PMBOK), diperlukan keahlian khusus dan keahlian manajemen. Manajemen proyek yang efektif mensyaratkan PM memiliki kompetensi seperti di bawah ini:

  1. Knowledge, yaitu pengetahuan project manager akan project manajemen.
  2. Performance, yaitu terkait dengan kinerja dan prestasi apa yang project manager mampu berikan untuk project management yang sedang diemban.
  3. Personal, yaitu bagaimana perilaku seorang project manager dalam melaksanakan proyek atau aktivitas terkait yang mencakup attitude, karakter, dan gaya kepemimpinan. Kompetensi ini akan mempengaruhi seorang manajer proyek dalam membimbing tim proyek serta bagaimana mengatasi kendala yang timbul selama mengelola proyek.

Dalam melaksanakan tugasnya, PM harus selalu berkoordinasi dengan tim proyek dan stakeholder dan diharuskan memiliki keseimbangan etika, komunikasi interpersonal dan keahlian konseptual yang dapat membantu mereka memprediksi situasi, dampak atau kejadian yang akan timbul dalam sebuah proyek bisnis. Sehingga PM diharuskan memiliki kemampuan interpersonal yang meliputi:

  1. Leadership.
  2. High order thinking (kemampuan analisa tajam).
  3. Team building.
  4. Motivation.
  5. Communication.
  6. Influencing.
  7. Decision Making dan manajemen konflik.
  8. Negosiasi.
  9. Trust building.
  10. Coaching.

Artikel yang sama :
Tenaga Perancang Dasar (Drafter)

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

arsitek nasional, Tenaga Perancang Dasar (Drafter), tokoh arsitek nasional, Penanggung Jawab Anggaran (Estimator), tokoh arsitek indonesia, 10 arsitek nasional terpopuler, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Penanggung Jawab Proyek Konstruksi, Pengelola Penanggung Jawab (Manajemen), kontraktor dalam makna sebenarnya, profesi tukang bangunan, arsitek yang sesungguhnya, 10 arsitek nasional terpopuler, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb