Tenaga Perancang Dasar (Drafter)

Definisi Drafter 

Tenaga Perancang Dasar (Drafter)  adalah juru gambar yang bekerja untuk membuat gambar teknik, seperti teknik arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, aeronautical dan lainnya. Namun, profesi drafter ini sebenarnya lebih dikenal dalam dunia rancang bangun dan interior. Bekerja sesuai dengan keinginan klien, namun tetap memberikan arahan pedoman umum dalam gambar teknik.

Jika seorang arsitektur mendesain atau merancang bangunan, nah tugas drafter adalah yang menggambar secara lebih detail lagi hasil rancangan dari si arsitek dari sisi interiornya.

Tugas Drafter

  1. Menggunakan dan mengoperasikan software program Computer Aided-Drafting (CAD) atau pos drafting konvensional untuk menghasilkan berbagai desain, gambar pengukuran, bagan, bentuk, atau catatan.
  2. Menganalisa aturan bangunan, peraturan hukum, kebutuhan ruangan, serta dokumen teknis dan laporan lainnya untuk menentukan efeknya pada desain arsitektur.
  3. Mendesain perencanaan kasar dan mendetail untuk struktur pondasi, denah lantai dan gambar pendetailan lain berdasarkan konsep, sketsa, kalkulasi teknik, lembar spesifikasi, dan data-data lain yang sudah ada.
  4. Mengatur tata letak (layout) bangunan, dan merencanakan pengaturan ruangan interior.
  5. Mengkoordinasikan desain struktur bangunan dan ME (Mechanical Electrical), serta menentukan metode presentasi yang mewakili perencanaan bangunan secara visual sehingga gambar tersebut dapat dengan jelas dan mudah dimengerti orang lain.

Kualifikasi Pendidikan

Kualifikasi pendidikan seorang drafter bisa bervariasi, perusahaan biasanya meminta minimal lulusan dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) atau D3. Tapi tak sedikit yang mengharuskan S1.

Jadi bagi kamu yang ingin berprofesi menjadi seorang drafter, maka paling tidak kamu haruslah lulusan SMK. Bisa jurusan mesin, jurusan gambar bangunan atau Jurusan teknik lainnya sesuai syarat permintaan dari perusahaan.

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Seorang drafter harus mengerti tentang konsep dan teori masing-masing bidang sehingga dapat melaksanakan pengaplikasian kedalam draf gambar teknis secara akurat.

Untuk keahlian penggunaan software biasanya minimal harus mengetahui tentang aplikasi desain dibantu komputer atau dalam bahasa inggris disebut Computer Aided Design (CAD).

Banyak software CAD, BIM ataupun desain 3D lainnya yang bisa digunakan misalnya AutoCAD, ArchiCAD, Revit, sketchup, 3dsMax dan lainnya. Semakin banyak menguasai software tersebut maka semakin baik seorang drafter untuk menyelesaikan tugasnya.

Artikel yang sama :
Penanggung Jawab Anggaran (Estimator)

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

arsitek nasional, Tenaga Perancang Dasar (Drafter), tokoh arsitek nasional, Penanggung Jawab Anggaran (Estimator), tokoh arsitek indonesia, 10 arsitek nasional terpopuler, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Penanggung Jawab Proyek Konstruksi, Pengelola Penanggung Jawab (Manajemen), kontraktor dalam makna sebenarnya, profesi tukang bangunan, arsitek yang sesungguhnya, 10 arsitek nasional terpopuler, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb