Penanggung Jawab Anggaran (Estimator)

Penanggung Jawab Anggaran (Estimator), estimasi biaya merupakan hal yang fundamental dalam suatu konstruksi, di mana akan menentukan kelayakan dan budget atau anggaran suatu proyek. Namun, kurangnya informasi dan gambar desain yang belum lengkap membuat estimasi ini sulit untuk dilakukan. Di sinilah diperlukannya peran dan tugas seorang estimator dalam mengidentifikasi seluruh kebutuhan proyek sehingga menghasilkan tujuan dan sasaran yang ditentukan.

Pengidentifikasian yang harus dilakukan seorang estimator tidaklah mudah karena estimator tidak hanya menghitung berdasarkan gambar dan spesifikasi, tetapi juga mengantisipasi kegiatan-kegiatan dalam proses konstruksi karena gambar dan spesifikasi hanya menunjukkan hasil akhir tanpa menunjukkan metode konstruksi dan semua proses yang dibutuhkan hingga mencapai hasil akhir tersebut.

Secara umum tugas-tugas seorang estimator adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis pekerjaan
  2. Menetapkan proses produksi
  3. Memilih alat dan bahan sesuai spesifikasi pekerjaan
  4. Menetapkan spesifikasi pekerjaan yang diterima
  5. Mencari informasi perkembangan harga bahan
  6. Menetapkan harga pokok
  7. Memberikan alternatif harga kepada pimpinan

Adapun tugas-tugas utama yang harus dimiliki oleh seorang estimator adalah:

  1. Menerima dokumen dari atasan, klien atau divisi lain dan kemudian melakukan penghitungan terhadap kebutuhan jumlah, spesifikasi dan harga material, ruang lingkup kerja, subkontraktor, untuk keperluan biding (tender) berdasarkan dokumen tersebut.
  2. Melakukan penghitungan Bill of Quantity (BoQ) untuk keperluan proyek.
  3. Membantu membuat surat penawaran (quotation) atau dokumen proposal lain.
  4. Menjalin hubungan kerja kepada supplier/pabrik untuk mendapatkan informasi harga terupdate, spesifikasi material yang nantinya digunakan sesuai dengan keperluan.
  5. Melakukan administrasi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan hasil estimasi proyek yang sudah dikerjakan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai dokumen arsip jika suatu saat nanti diperlukan.
  6. Menjaga dan memelihara aset milik perusahaan, baik yang digunakan untuk dan/atau berkaitan dengan bidang tugas pekerjaannya maupun yang langsung berada di bawah tanggung jawabnya.
  7. Melaksanakan kegiatan-kegiatan lain sesuai penugasan untuk kepentingan perusahaan secara menyeluruh.

 

 

Artikel yang sama :
Pengelola Penanggung jawab Manajemen

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

arsitek nasional, tokoh arsitek nasional, Penanggung Jawab Anggaran (Estimator), tokoh arsitek indonesia, 10 arsitek nasional terpopuler, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Penanggung Jawab Proyek Konstruksi, Pengelola Penanggung Jawab (Manajemen), kontraktor dalam makna sebenarnya, profesi tukang bangunan, arsitek yang sesungguhnya, 10 arsitek nasional terpopuler, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb