Sebelum Membangun Rumah

Sebelum membangun rumah, – Vector 41, Pengawasan sejatinya adalah proses monitoring terlaksananya proses pembuatan dan pelaksanaan bangunan. Dewasa ini sering terjadi salah faham antara proses pengawasan dan pelaksanaan, bukan lah hal yang mudah untuk mengatur karyawan di kantor orang lain, bahkan hal itu hampir mustahil “saat ini”, mengapa demikian,  adalah hal yang harus kami luruskan pada anda:

  • Konsultan sejatinya adalah perencana proyek.
    • Arsitek adalah tenaga profesional yang menentukan letak posisi denah dan estetika wajah bangunan.
    • Enginering / Sipil adalah tenaga ahli dalam proses analisis struktur dan ketahanan.
    • Estimator adalah tenaga ahli dalam proses estimasi biaya dan waktu pengerjaan bangunan.
    • Interior desain, adalah tenaga ahli khusus penataan dekorasi bagian dalam rumah.
  • Kontraktor sebaiknya berdasarkan rekomendasi konsultan.

Maka arti kalimat “bukan lah hal yang mudah untuk mengatur karyawan di kantor orang lain”, adalah ketika gambar kerja berpindah tangan, dari konsultan kepada kontraktor, atau pemborong. Kontraktor memiliki kewenangan sendiri pada struktur kerja mereka, begitu pula pemborong yang juga memiliki caranya sendiri, akan berbeda ketika yang mengerjakan adalah kontraktor dari konsultan itu sendiri, semuanya akan jadi lebih mudah, dan desain lebih dapat di implementasikan sesuai gambar.

 

Sebelum membangun rumah
Gambar : Proses asistensi bangunan oleh VECTOR 41

Sebelum membangun rumah, bangun rumah di medan, bangun rumah jakarta, pemborong medan, pemborong jakarta, bangun rumah di aceh, jasa pemborong, pemborong bagus di medan, sebelum membangun rumah

Konsultan Sejatinya Adalah Perencana Proyek

Konsultan adalah badan organisasi atau perseroan, yang memiliki izin untuk mengeluarkan analisis dan menyelenggarakan kegiatan pembangunan, bertanggung jawab pada bangunan yang terbangun atas kebijakan kesepakatan antara pemilik dan pihak konsultan, konsultan memiliki izin yang bervariabel dan beragam seperti :

izin Konsultan :

  • Terdaftar perusahaan Minimal Berentuk CV (Comanditaire Venotscap)
  • Lembaga pemerintahan SBU – LPJK
  • Asosiasi Arsitektur IAI
  • Asosiasi GAPEKSINDO
  • Staf Ahli Perencana Kepala Bag.Arsitektur (SKT/SKA)
  • Staf Ahli Perencana Kepala Bag.Sipil (SKT/SKA)

NB: Staf ahli perencanaan sipil dan arsitek adalah tenaga terampil yang memiliki pengalaman proyek terbangun seperti yang tertera dalam persyaratan pengajuan S.K.A (sertifikat keterangan Ahli).

 

Pemilihan Kontraktor

Anda boleh melewatkan bagian ini, tetapi anda akan berfikir lebih dalam makna dari informasi yang telah anda baca tadi, ini bukan tentang sebuah proyek yang konsultan harus pegang, dan bukan tentang semua proyek yang di tangani oleh konsultan harus terbangun oleh konsultan itu saja, tetapi ini tentang rumah anda, bangunan anda, dan tempat anda.

Analogi :

Anda pergi ke rumah sakit (Perusahaan Konsultan), karena anda sakit (ingin membangun rumah), Dokter spesialis yang di sediakan rumah sakit (Arsitek di perusahaan konsultan) telah memberikan diagnosa terhadap tubuh anda (Tanah / Bangunan), Bersama dengan staf medis bagian cek lab (Sipil Struktur di perusahaan konsultan). Dokter dan Tenaga medis tersebut telah selesai men-diagnosa anda, dan mengarahkan anda ke bagian farmasi (Estimator di perusahaan konsultan), menimbang dengan baik dan memberikan pilihan terapi terbaik untuk tubuh anda (Dekorator Interior).

Waktu yang diperlukan arsitek untuk berfikir dalam menentukan ruangan terbaik untuk anda bukanlah waktu yang sedikit, bahkan seringkali terjadi permasalahan dalam menentukan, kita juga tidak perlu membicarakan waktu yang terbuang dalam proses dekorasi setiap sudut ruangan yang anda minta, itu juga belum termasuk revisi yang anda ajukan dan kembali di rubah. rapi, ter-koordinasi, dan ter-organisir.

 

Hari Untuk Proses Operasi

Anda memilih konsultan / kontraktor yang berbeda, itu bukanlah masalah, sama halnya ketika anda memilih rumah sakit yang berbeda, itu hak anda secara penuh, anda bebas untuk itu, karena Behind The Scene (dibalik itu semua) semua perusahaan konsultan saling terhubung dan berbagi informasi, jika informasi tersebut bersifat tertutup, setidaknya perusahaan konsultan atau perusahaan kontraktor baru anda dapat membaca gambar dengan tepat.

Adalah hal yang paling disayangkan disini bagi perusahaan konsultan awal anda, adalah ketika gambar tidak di realisasi dengan tepat, kita tidak bicara di realisasi dengan sempurna, adalah angka minimal mendekati 80% itu mungkin sudah cukup baik, terlebih lagi anda menggunakan jasa Kontraktor yang tidak berkomunikasi dengan perusahaan penyedia jasa konsultan perencana awal, hal ini tidak direkomendasikan.

 

Fakta Lapangan

Konsultan atau Kontraktor yang tidak membangun komunikasi dengan penyedia perencanaan awal, mungkin akan menemukan kendala dalam membaca arah gambar dan bangunan sekalipun telah di lampirkan gambar 3D realistis, itu adalah hal yang wajar, karena yang paling mengetahui mengenai sebuah lukisan tidak lain adalah pelukisnya sendiri, dan sayangnya hal ini hanya dapat dibuktikan dengan waktu.

Karena mungkin setiap orang akan mengaku faham akan gambar ini, walaupun ternyata mungkin tidak faham, namun itu bukan bagian terburuk, bagian terburuknya adalah IMPROVISASI, improvisasi terhadap bangunan anda adalah hal yang bersifat Investasi Destruktif,

Contoh :  Perusahaan Konsultan telah melampirkan spesifikasi bagian per-bagian bangunan, dengan komposisi yang paling tepat untuk model rumah anda, tiba-tiba kita semua mendapati ukuran kolom, overhang, balok, telah berubah, bukan itu saja, kita juga belum membicarakan apa-apa yang tertera dan apa-apa yang tertanam seperti jenis besi, komposisi pengecoran, tahap pengecatan ruangan, jenis semen, dan jenis mekanisme elektrikal dan pemipaan.

Anjuran

Bangunlah komunikasi kontraktor anda dengan pihak konsultan perencana, agar rumah anda dapat direalisasi dengan baik dan benar.

Ihtisar

Pernahkah anda melihat apa perbedaan kamar tidur anda dan kamar hotel bintang lima, pada dasarnya semua ruangan adalah sama yang membedakannya adalah desain, dan yang mempengaruhi desain adalah metode pemilihan motif dan warna, teknik peletakan dan seni menempatkan. dan Poin utamanya adalah konsultan dan kontraktor pada kamar hotel tersebut saling terkoordinasi dengan baik.

Lihat Kebijakan Perusahaan :
VECTOR 41 Terms & Condition
VECTOR 41 Policy

Kunjungi Situs Kontraktor Kami :
PT. VECTOR 41

Lihat Juga Hasil Karya lainnya