Pemasangan Jaringan Listrik Pabrik

Pemasangan Jaringan Listrik Pabrik – Listrik merupakan salah satu hal krusial dalam kehidupan. Jika berbicara tentang operasional pabrik, tanpa listrik tidak ada yang bisa berjalan, kecuali jika pabrik tersebut berisi peralatan manual. Menemukan pabrik tanpa mesin yang menggunakan listrik hampir mustahil dalam abad ini.

Selain sebagai sumber utama dalam menjalankan peralatan, alat maupun mesin produksi, listrik juga memiliki fungsi utama yang sangat penting, yaitu penerangan. Tidak bisa dibayangkan produksi tanpa adanya penerangan buatan.
Instalasi listrik adalah pengaturan pemasangan dalam penyaluran tenaga listrik ke peralatan dalam suatu konstruksi bangunan yang memerlukan sumber listrik. Sumber listrik bisa didapatkan dari genset atau dari PLN. Peralatan tersebut tentunya berkaitan dengan alat-alat ataupun mesin-mesin bertegangan tinggi yang dimiliki suatu pabrik.

Instalasi listrik dalam suatu gedung perusahaan atau pabrik adalah hal krusial yang harus dipikirkan ketika melaksanakan pembangunan. Suatu proses produksi tidak akan berjalan dengan lancar jika instalasi listrik terganggu. Betapa besar kerugian yang bisa ditimbulkan jika pabrik atau perusahaan besar mengalami gangguan dalam instalasi listrik walaupun hanya beberapa jam saja. Target produksi akan mundur dan itu membuat cost bertambah.
Beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum melakukan instalasi listrik adalah perancangan dan analisis perhitungan yang meliputi ketahanan arus hubung dan daya hubung singkat, susut tegangan, pemutus tegangan, kemampuan hantaran arus. Perlengkapan yang harus dipenuhi dalam instalasi listrik adalah PHB (Panel Hubung Bagi ), alat pembatas dan pengukur, pengaman jaringan, pertanahan, sakelar, dan sebagainya.

Pemasangan instalasi listrik mempertimbangkan hal-hal seperti gambar atau denah lokasi, letak bangunan yang akan dipasang instalasi listrik, rancangan gambar instalasi, peletakan bahan instalasi, rencana penyambungan instalasi listrik, penghubung antar peralatan, bagan instalasi garis tunggal, bagan Panel Hubung Bagi, material yang digunakan, ukuran dan jenis penghantar yang dipakai.

Merancang Instalasi Listrik Pabrik

Yang perlu dilakukan dalam merancang instalasi listrik adalah mengetahui detail seluk beluk lokasi yang akan dipasangi listrik. Menggambar denah bangunan akan membantu mempermudah tenaga pemasang listrik dalam mengetahui kondisi dan perkiraan pendistribusian listrik ke masing-masing ruangan dalam pabrik tersebut. Umumnya ruangan produksi memiliki jumlah penggunaan listrik terbesar dalam suatu pabrik. Tenaga pemasang listrik tentunya akan meletakan perlengkapan hubung bagi (PHB) pada tempat yang mudah dicapai, terutama jika sewaktu-waktu butuh maintenance dan jika terjadi gangguan, maka akan lebih efisien dan tidak mempersulit teknisi. Menentukan letak perlengkapan hubung pembagian listrik termasuk ke dalam hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam merancang instalasi listrik.
Hal selanjutnya adalah menggambar penempatan titik lampu dan sakelar. Penerangan adalah hal paling dasar dalam instalasi listrik. Titik lampu dan sakelar adalah satu paket yang berhubungan. Pemasangan sakelar dekat pintu lebih direkomendasikan. Ini akan mempermudah bagi pengguna sebelum berjalan dalam suatu ruangan gelap hanya untuk menemukan sakelar dan menghidupkan penerangan!
Selain itu, menggambar penempatan kotak kontak yang digunakan sebagai sumber listrik untuk menggunakan perlengkapan, alat dan mesin pabrik. Penempatan kontak listrik juga menjadi perhatian dalam ruangan pabrik. Usahakan jangan ditempatkan pada tempat-tempat yang mudah tertutup perabotan sehingga sulit dijangkau.

Keselamatan Dalam Instalasi Listrik

Kesalahan dalam instalasi listrik dapat berakibat fatal. Saya sebut fatal karena ini dapat berkaitan dengan keselamatan, yang bisa mengantarkan pada kecacatan bahkan mungkin kematian dalam prosedur kerja. Maka, instalasi listrik juga perlu memperhatikan keselamatan karyawan, jangan diletakan di tempat-tempat yang banyak orang melintas apalagi dengan kabel-kabel yang begitu banyak.

Jika ada perangkat yang memiliki tegangan tinggi sebaiknya ditempatkan pada ruang khusus yang tidak semua orang bisa mengakses, apalagi jika orang tersebut awam tentang listrik. Adanya tanda peringatan jika tempat-tempat tersebut memiliki tegangan listrik tunggu akan sangat membantu karyawan untuk lebih memperhatikan keselamatan mereka.

Pemeliharaan listrik juga perlu dilakukan oleh teknisi ahli supaya perlengkapannya dapat bertahan lama dan terjaga. Menggunakan peralatan dan bahan sesuai standar adalah hal penting, teknisi yang paham SOP (Standar Operational Procedure) juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan ketika ingin memilih teknisi.

Pilih Jasa Instalasi Yang Terpercaya dan Handal

Tidak semua orang bisa menginstal listrik tentunya. Adanya ahli atau konsultan listrik bagi pabrik adalah sangat dianjurkan. Memilih baik itu produsen, kontraktor ataupun jasa instalasi yang terpercaya dan berpengalaman juga penting untuk mengurangi risiko yang dapat dihadapi nantinya.

Produsen, kontraktor ataupun jasa instalasi listrik pabrik pastinya sudah banyak di luar sana. Namun, memilih yang benar-benar sesuai dengan yang Anda inginkan mungkin tidaklah banyak. Adanya sertifikasi bisa menjadi bukti seberapa berpengalaman produsen tersebut. Reputasi yang baik akan membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Untuk mendapatkan tenaga instalasi listrik tersebut tentunya orang itu harus memahami standar pemasangan listrik di Indonesia. Bagaimana aliran listrik, berapa daya listrik yang dibutuhkan, jalur-jalur pendistribusian yang memiliki keruwetan tinggi jika dilihat oleh orang yang awam. Tentunya tidak bisa dibandingkan dengan instalasi listrik rumah biasa, pabrik memiliki jalur distribusi yang tingkat tinggi apalagi jika itu adalah pabrik besar.

Instalasi listrik yang baik adalah yang memiliki proteksi keselamatan bagi penggunanya. Selain itu pengguna juga merasa nyaman ketika menggunakan. Perencanaan dengan gambar dan aturan yang tepat sangat diperlukan sebelum mulai melakukan instalasi listrik.

Artikel yang sama :
Pemasangan Air Rumah

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis,Pemasangan Sumur Bo, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Pemasangan Air Rumah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb