Pemasangan Sumur Bor dan Jenis Pompa

Pemasangan Sumur Bor

Pemasangan sumur bor adalah salah satu proses penggalian tanah yang dilakukan agar bisa mendapatkan sumber mata air yang berada di dalam tanah.

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan sumber air bersih adalah dengan memanfaatkan sumur bor. Dengan menggunakan metode sumur bor maka Anda bisa mendapatkan sumber mata air dalam yang lebih bersih dan kecil kemungkinan untuk tercemar oleh polutan asing yang ada.

Dengan mengetahui kondisi tanah terdahulu maka Anda bisa mengetahui kualitas dari air tanah yang terdapat di dalamnya. Apabila pada dahulu kala tempat tinggal Anda merupakan rawa-rawa maka pada umumnya air tanah akan cenderung lebih kotor dan membutuhkan penyaringan yang baik.

Jenis Pompa

Dalam menentukan pompa air sumur dalam yang tepat tak jauh beda dengan cara memilih pompa air sumur yang lain. Yang menjadikan pompa tersebut berbeda yaitu ukuran kedalaman sumur yang digunakan, di mana harus sesuai dengan spesifikasi pompa itu sendiri.

Terdapat dua jenis sumur bor di antaranya sumur dangkal dan dalam.

1. Pompa Air Dangkal

Pompa jenis ini biasanya hanya digunakan untuk penggunaan ringan, hanya memiliki daya hisap maksimal untuk kedalaman 9 meter saja.

Selain itu, pompa air sumur dangkal ini hanya mempunyai daya dorong yang biasa, yaitu mencapai ketinggian 7 meter saja dari posisi pompa air. Untuk menghitung kedalaman air sumur, Anda harus melakukannya pada saat musim kemarau agar lebih tepat.

2. Pompa Air Dalam

Jenis pompa air selanjutnya adalah pompa air sumur dalam. Berbeda dengan pompa air sumur dangkal, pompa air ini digunakan untuk menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter. Ciri utama dari pompa air sumur dalam ini adalah adanya Jet Injektor yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap.

Pada jenis mesin pompa sumur dalam juga masih terbagi jadi dua tipe pompa air, yaitu:

a. Pompa Jet (Jet Pump)

Pompa jenis ini memiliki batas spesifikasi daya hisap sampai kedalaman 60 meter maksimalnya. Adapun teknik pemasangan jet pump tidak berbeda jauh dengan pemasangan pompa sumur dangkal.

Hal yang membuat mesin pompa ini berbeda adalah instalasi pipa hisap yang mempunyai dua jalur di mana salah satunya berfungsi mendorong air ke pipa hisap. Umumnya jet pump membutuhkan daya listrik yang cukup besar, sebab menggunakan motor elektrik yang berkekuatan lebih besar ketimbang tipe pompa air untuk sumur dangkal.

b. Pompa Air Submersible

Jenis pompa ini biasa disebut dengan pompa air benam/celup, karena pompa ini dioperasikan di dalam air. Pompa submersible akan rusak jika dihidupkan di luar air atau area kering untuk waktu yang lama. Pompa ini tidak mempunyai daya hisap tetapi memiliki daya dorong. Daya dorong ini dapat dicapai sesuai kekuatan mesin pada kebutuhan debit air yang Anda inginkan.

Sementara prinsip kerja pompa air ini sangat berbeda jauh dengan pompa jet yang bekerja dengan menghisap air. Namun mesin tipe pompa air submersible yakni dengan mendorong air. Pompa celup adalah tipe mesin sentrifugal yang mempunyai susunan kipas lebih dari satu, dan dapat bergerak dengan cepat menggunakan motor listrik yang berada dalam casing, dengan begitu mesin bisa memompa air ke permukaan.

Artikel yang sama :
Pemasangan Air Rumah

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis,Pemasangan Sumur Bo, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Pemasangan Air Rumah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb