Pencahayaan Pada Dapur

Pencahayaan dapur adalah bagian penting untuk mendapatkan suasana ruangan yang menawan. Pencahayaan dapur yang tepat membuat kitchen set Anda tampil bersinar untuk memenuhi tujuan estetik. Dan pada saat yang bersamaan memenuhi fungsi utamanya dalam menerangi setiap area memasak. Untuk itu, pemilihan jenis penerangan dapur perlu direncanakan dengan matang.

Penataan dan pencahaayaan dapur umumnya melibatkan featured, task, mood lighting. Setiap tipe pencahayaan memiliki fungsi yang berbeda.  Featured lighting membangun karakter tertentu pada salah satu area dapur. Task lighting memberikan penerangan secara umum pada setiap area kerja dan mood lighting membangun atmosfer atau suasana tertentu dalam ruangan.

Beberapa trik pencahayaan dapur yang akan membantu Anda menciptakan dapur yang sempurna.

Cahaya Dari Jendela

Dapur sebaiknya memiliki jendela agar ada sirkulasi udara serta cahaya alami yang membantu mengurangi kelembapan di dapur. Apabila dapur terlalu lembap maka furnitur dan benda di dalamnya rentan rusak. Terlebih dapur merupakan ruangan yang lekat dengan aktivitas yang menggunakan air sehingga kelembapan di dapur termasuk tinggi dibanding ruangan lain di dalam rumah. Selain mengurangi kelembapan, pencahayaan alami juga bisa menggantikan lampu ketika siang hari, alhasil, penggunaan listrik di rumah Anda bisa dihemat.

Task Light

Task light atau lampu kerja adalah lampu tambahan untuk menerangi area khusus di dapur. Task light dibutuhkan untuk menerangi kegiatan yang perlu konsentrasi dan penerangan memadai seperti saat memotong bahan masakan. Lampu ini biasanya diletakkan di bawah kabinet dan menyorot langsung ke meja dapur atau tempat memotong bahan.

General Light

General lighting atau lampu utama adalah pencahayaan dengan sudut sinar yang lebar. Dalam ruang dapur, lampu utama berfungsi untuk menyinari keseluruhan ruang dan menjadi sumber cahaya utama ketika beraktivitas di ruang untuk menyiapkan makanan ini. Warna cahaya untuk lampu utama yang bisa Anda pilih adalah lampu bercahaya putih dan warm white atau putih kekuningan.

Lampu Sorot

Spotlight atau lampu sorot merupakan salah satu lampu tambahan yang bisa Anda terapkan di dapur. Lampu ini bermanfaat untuk menambah penerangan di dapur dan menonjolkan area tertentu yang membuat dapur tampil lebih menarik. Lampu spotlight bisa menyorot pajangan dinding hingga guratan marmer di dapur. Dengan lampu ini, efek dramatis dan hangat akan hadir di dapur.

Pembagi Fungsi Ruang

Bila Anda memiliki ruang makan tapi tidak cukup ruang untuk membuat dinding pemisah, pembagian ruang bisa disiasati dengan lampu. Pembagian fungsi ruang bisa ditegaskan lewat pilihan jenis lampu maupun warna cahaya lampu. Misalnya lampu bercahaya kuning hangat untuk ruang makan, sementara pada dapur menggunakan lampu bercahaya putih.

Lampu Dekoratif

Lampu dekoratif merupakan lampu tambahan untuk mempercantik dapur. Anda bisa memasang lampu ini di atas meja island. Desain lampunya pun bisa beragam. Anda bisa memilih desain lampu yang sesuai dengan konsep interior dapur, maupun yang berbeda sama sekali dengan konsep utama. Misalnya seperti dapur ini yang menjadikan lampu dekoratif sebagai aksen sentuhan warna di dapur yang didominasi warna natural.

Itulah 6 jenis pencahayaan dapur. Semoga dapat membantu Anda menciptakan dapur cantik yang nyaman untuk beraktivitas. Anda juga bisa mengunjungi Bluprin untuk lebih banyak inspirasi dekorasi interior dan desainer interior yang mungkin bisa membuat rumah Anda nyaman dan tampil menarik.

Lampu dalam Lemari Dapur

Penggunaan LED stripes  di dapur ataupun bagian rumah lainnya semakin populer belakangan ini. Anda bisa menggunakan jenis lampu yang satu ini sebagai sumber pencahayaan tersembunyi dengan meletakkan di bagian belakang lemari kabinet dapur.

Lampu LED stripes di dapur ini bukan hanya memberikan penerangan yang dibutuhkan, namun juga mampu menonjolkan tekstur dan perbedaan warna pada kedua sisi dinding dapur.