Perbedaan Granit Alam dan Tile

Banyak sebagian orang bingung dengan perbedaan granit alam dengan granit tile karena bentuk atau coraknya hampir sama. Berikut perbedaan granit alam dengan granit buatan yang biasa di kenal dengan Granitile atau Granito.

Perbedaan Granit Alam dan Tile

1. Granit Alam

Granit ini sudah terdapat di alam yang biasanya ditambang dalam bentuk kubus-kubus besar, sebelum dipotong dalam lembaran untuk dijual. Corak setiap lembarnya akan berbada begitu juga seratnya. Untuk granit alam biasanya ukuran perlebarnya akan besar seperti lembaran kain, kisaran di 1,5 x 2,5 m, ada juga yang sampai dengan 4 m2 dengan ketebalan kurang lebih di 2 cm. Jika dari segi kenyamanan, granit alam akan memberikan efek dingin terhadap suhu ruangan
Secara umum granit adalah batuan beku berwarna terang terutama terdiri dari feldspar dan kuarsa dengan mika dan mineral amphibole dalam jumlah kecil. Kata granit berasal dari bahasa latin granum. Keunggulan lainnya granit memiliki sifat tahan terhadap suhu tinggi sehingga juga baik dipasang untuk meja dapur. Strukturnya yang padat dan keras memungkinkan batuan ini digunakan di dalam maupun luar ruangan.

Ada 2 jenis Granit alam

1. Granit lokal yakni granit Putih – Bianco Beli dan Biru – Azul Bangka dari Bangka Belitung, Granit Abu Pemalang, Granit merah Lampung dan lain sebagainya.

2. Granit impor yakni granit nero assoluto-xhanxi (hitam), crystal pink (merah muda), dan deborah brown (cokelat) dari China, Granit multi color (merah-orange), black gold (hitam bintik emas), dan new imperial red (merah) dari India, Granit giallo veneziano (coklat cream), giallo california (cokelat), capao bonito (merah jingga) dari Brazil serta Granit american white (putih), american pink (merah muda), dan solar white (putih), Zimbabwe –nero zimbabwe (hitam) dari Amerika.

2. Granit Tile

Sekilas terlihat hampir sama antara granit alam dan granit tile, tetapi sebenarnya sangat berbeda dari corak saja sudah dapat dibedakan. Untuk granit tile dalam 1 blok coraknya akan sama persis begitu juga dengan ukuran granit tile lembarnya pasti sama dengan ukuran kecil dan merata sekitar 60 x 60 dengan ketebalan yang kurang lebih kisaran 1,2cm. Dan dari segi kenyamanan, granit tile sama persis seperti keramik tidak memberikan efek dingin terhadap suhu ruangan.
Granit Tile disebut juga homogenous tile, yakni baik warna, motif dan kekuatan dari lapisan atas sampai lapisan bawah mempunyai mutu material yang sama (homogen). Jadi antara yang matang (sudah dipoles) dengan bagian bawahnya memiliki struktur penyusunnya sama.
Bahan baku granit yaitu tanah liat, pasir silika, stain (pewarna) dan feldspar. Dengan daya penyerapan air dari granit < 0,05% serta Kekuatan dari granit sebesar > 450kg/cm2 dan suhu pembakaran untuk granit lebih kurang 1230 derajat celcius.
Beberapa produsen granit adalah Granito, Essenza, Indogress, Niro, Garuda Tile, Monalisa, dan lain-lain.

Seperti itulah penjelasan mengenai perbedaan antara granit alam dengan granit tile.
Nah, Kamu team granit lovers yang mana ? Pastikan juga kamu memilih motif dan warna granit yang cocok dengan nuansa yang ingin ditonjolkan dihunian. Semoga menginspirasi.

Artikel yang sama :
Perbedaan Marmer dan Granit

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, gratis ngurus imb, Perbedaan Granit Alam dan Tile, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, imb medan, cara ngurus imb, Perbedaan Granit Alam dan Tile, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb

[/vc_column_text][/vc_column]
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]