Tips Hunian Tanpa Jendela

 
Hunian tanpa jendela, seperti apa ya ? Menjadi Lebih Menarik, Bukan?

Sudah pernah memikirkan sebuah hunian tanpa jendela di dalamnya? Atau para sobat sudah pernah melihat langsung bentuknya? Pasti yang akan muncul di benak para sobat adalah ruangan tersebut akan terasa tak nyaman dan juga lembap. Bahkan terkadang pencahayaan dari lampu saja belum tentu mampu membuat pencahayaan yang menarik seperti sinar matahari pagi.

Terlebih lagi, jika itu adalah hunian yang kecil, yang tidak memiliki banyak space berlebih untuk menghadirkan jendela. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti menempatkan beberapa dekorasi yang menarik dan lainnya. Penasaran? Maka dari itu, yuk simak beberapa tips hunian tanpa jendela by vector 41!

1. Menghadirkan Pintu Kaca

Hunian tanpa jendela biasanya dibangun pada lahan yang kecil, sehingga meminimalisir ruangan menempel pada dinding hunian tetangga. Jika tidak memungkinkan memiliki jendela, maka cara terbaiknya adalah mencoba menghadirkan pintu dengan material kaca. Sifat kaca yang transparan mendukung cahaya untuk masuk ke dalam hunian, sehingga akan menambahkan pencahayaan yang lebih terang. Selain itu, hunian juga akan terkesan lebih lapang dan terbuka.

2. Memakai Cat dengan Warna Terang

Umumnya cat dinding berwarna terang akan menampilkan kesan yang luas dan lapang pada hunian, seperti warna putih. Tidak hanya warna putih, warna-warna netral yang bersifat terang lainnya seperti warna bumi dan pastel juga dapat diaplikasikan pada dinding. Namun apabila menginginkan menggunakan cat dinding berwarna terang pada hunian yang tidak memiliki jendela, tentunya hal itu akan memberi kesan sempit dan gelap. Pemilihan cat dinding sangat perlu diperhatikan, terlebih jika luas lahan yang sangat kecil.

3. Memasang Cermin Besar

Mungkin untuk hal yang satu ini, pastinya sudah sering ditemukan pada hunian minimalis maupun klasik. Efek dari cermin ini juga bukan sekedar isapan jempol belaka, melainkan dapat menyulap hunian menjadi lebih tampak terang dan juga luas. Biasanya cermin akan tempatkan pada bagian lorong atau pun bagian ruang tengah, dan akan memantulkan ruangan yang sifatnya jauh lebih luas dari sebelumnya. Tidak hanya itu, kesan dari penggunaan cermin ini juga mempercantik hunian sehingga ruangan tampak lebih manis.

4. Menggunakan Lampu Gantung

Pemilihan yang satu ini juga tidak kalah penting dari yang lainnya seperti disebutkan diatas. Biasanya kita sering menemukan hunian dengan lampu yang masih menempel pada plafon, namun cobalah untuk mengubah style hunian. Salah satu caranya adalah dengan mengganti dan menggunakan lampu gantung pada pencahayaan ruamh. Jenis dari lampu yang satu ini juga sangat beraneka ragam, namun cobalah untuk berfokus pada lampu gantung yang rendah.

Dengan menggunakan lampu gantung, pencahayaan yang dihasilkan akan lebih maksimal dan memberikan kesan lembut dan manis pada ruangan. Apabila kamu sangat menyukai ruangan yang terang benderang, kamu dapat menempatkan dua hingga tiga atau lebih lampu gantung di area yang kamu inginkan. Untuk sedikit tambahan pemilihan dari desain lampu alangkah lebih baik sesuai dengan tema ruangan pada hunian.

5.  Menerapkan Focal Point

Focal point (titik fokus) adalah suatu elemen yang menarik perhatian agar lebih dramatis atau bahkan mencolok daripada elemen lainnya. Hal ini sengaja dilakukan untuk mempertegas dan meningkatkan estetika dari ruangan itu sendiri. Keberadaannya juga sangat fleksibel, karena dapat  diaplikasikan pada dinding, lantai, dan plafon.

Apabila kamu memiliki hunian tanpa jendela, sangat disarankan untuk mendekorasi ruangan dengan menerapkan focal point pada ruangan. Dengan tujuan agar tidak banyak menggunakan pernak-pernik atau aksesoris yang nantinya hanya akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Lukisan pajangan yang besar ataupun foto sudah cukup memberikan kesan yang memiliki aksen khas dan mengubah ruangan menjadi lebih terang.

Itu dia 5 tips hunian tanpa jendela agar menjadi lebih menarik dari vector 41. Kira-kira tips apalagi nih yang akan dicoba? Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk para sobat!