Trik dan Tips Sebelum Membuka Cafe

Cafe atau restoran saat ini menjadi kebutuhan krusial bagi masyarakat yang hidup di zaman serba sibuk sekarang. Saat ini, kafe memang telah menjadi fenomena dan gaya hidup terkini, terutama bagi kalangan anak muda. Kafe merupakan tempat banyak orang berkumpul, bersantai menikmati hidangan hingga melepas penat. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi munculnya banyak cafe dan restoran. Oleh sebab itu, cafe dan restoran adalah lahan bisnis yang cukup menggiurkan. Buat Anda tertarik untuk membuka cafe atau restoran? Untuk membuat sebuah kafe yang baik, banyak aspek penting yang harus diperhatikan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

1. Pilih tempat yang strategis dan nyaman

Faktor pertama yang harus diperhatikan saat membuat kafe adalah lahan dan tempat yang akan digunakan. Pastikan lahan dan tempat yang Anda pilih untuk membuat kafe berada di area yang ramai dan strategis. Tidak harus menyewa tempat mahal di mal untuk bisa menarik banyak pengunjung, Anda bisa menggunakan lokasi di pinggir jalan yang ramai yang penting tersedia lahan parkir untuk pengunjung.

Usahakan juga untuk membuat tempat yang nyaman untuk pengunjung. Tempat yang nyaman sangat penting untuk membuat pengunjung betah berlama-lama dan datang lagi di lain waktu. Semakin nyaman kafe Anda untuk pengunjung, semakin banyak pula pengunjung yang akan datang.

2. Pikirkan Menunya

Menu ini menentukan harga yang akan Anda tawarkan pada konsumen. Bahan apa saja yang Anda gunakan untuk menunya, yang biasa atau premium berkualitas tinggi? Variasi menunya juga perlu dipikirkan. Semakin banyak menu yang Anda tawarkan, hal ini juga berkesempatan untuk menarik pengunjung lebih banyak. Agar cafe Anda lebih unik, maka sajikan kreasi menu yang berbeda dari lainnya

3. Eksterior dan Interior

Setelah menentukan konsep, Anda dapat mulai memikirkan interior yang sesuai dengan konsep kafe. Interior yang dipilih haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah untuk berlama-lama saat menikmati makanan dan minuman. Perhatikan juga pemilihan meja  dan kursi, pencahayaan, serta warna ruangan.

Selain interior yang menarik dan nyaman, eksterior juga merupakan faktor penting lainnya. Eksterior yang menarik merupakan hal pertama yang dilihat orang. Eksterior yang unik dan menarik akan menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang mereka punya.

4. Corak lantai

Lantai merupakan komponen utama yang mendominasi pemandangan. Untuk itu, Anda bisa memilih untuk menggunakan lantai polos yang mampu menonjolkan aksen-aksen sederhana atau bermotif. Lantai bermotif akan dengan sendirinya menjadi dekorasi unik yang bisa memperindah interior.

5. Lighting

Ruangan yang nyaman juga sangat bergantung pada lighting atau pencahayaan seperti apa yang digunakan. Lighting yang baik juga akan menghasilkan foto-foto menarik yang bisa Anda sebarkan di sosial media untuk menarik lebih banyak pengunjung. Atur lighting sebaik mungkin tanpa mengganggu aktivitas pengunjung untuk nongkrong dan menikmati sajian.

6. Fasilitas

Satu fasilitas cafe yang wajib adalah layanan Wi-Fi. Layanan Wi-Fi yang kencang bisa membuat pengunjung berlama-lama. Selain itu, jika cafe atau restoran Anda cukup besar, apalagi ditujukan untuk tempat makan keluarga, maka menyediakan toilet dan mushola kecil bisa sangat membantu dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa konsumen. Mereka tidak perlu jauh-jauh mencari tempat ibadah di luar cafe ketika akan melakukannya di tengah waktu makan.

7. Pakai Sistem Point Of Sales

Point Of Sales adalah sistem untuk mencatat segala transaksi penjualan secara cepat hanya dengan satu kali “klik” saja pesanan akan tercatat di sistem dan laporan keuangan pun sudah terinput secara otomatis dan anda pun bisa mengontrol laporan penjualan tersebut kapanpun dan dimanapu anda berada, Leukeun POS adalah layanan yang paling ampuh dalam membantu usaha anda agar lebih baik kedepannya,

Dengan melakukan persiapan-persiapan di atas, kini Anda bisa memulai usaha cafe Anda dengan percaya diri. Membuka cafe tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, bukan? Semuanya harus dipertimbangkan secara matang. Kalau Anda salah membidik pasar, tentu hal ini akan menghambat perkembangan bisnis cafe Anda, bukan?