Jenis – Jenis Bentuk Atap

Bentuk konstruksi atap bermacam – macam sesuai dengan peradaban dan perkembangan teknologi serta sesuai dengan segi arsitekturnya. Bentuk atap yang banyak terdapat adalah :

1. Atap Datar

Bentuk atap yang paling sederhana adalah atap datar atau rata. Atap datar biasanya digunakan untuk bangunan/ rumah bertingkat, balkon yang bahannya bisa dibuat dari beton bertulang, untuk teras bahannya dari asbes maupun seng yang tebal. Agar air hujan yang tertampung bisa mengalir, maka atap dibuat miring ke salah satu sisi dengan kemiringan yang cukup.

2. Atap Sandar

Atap Sandar ( sengkuap ) biasa digunakan untuk bangunan – bangunan tambahan misalnya; selasar atau emperan.

3.Atap Pelana ( kampung )

Bentuk atap ini cukup sederhana, karena itu banyak dipakai  untuk bangun – bangunan atau rumah di masyarakat kita. Bidang atap teridiri dari dua sisi yang bertemu pada satu garis pertemuan yang disebut bubungan.

4. Atap Tenda ( lancip )

Atap tenda dipasang pada bangunan yang panjangnya sama dengan lebarnya, sehingga kemiringan bidang atap Atap tenda terdiri dari empat bidang atap yang bertemu disatu titik puncak, pertemuan bidang atap yang miring adalah dibubungan  miring yang disebut jurai.

5. Atap Limas ( perisai )

Atap limas teridiri dari empat bidang atap, dua bidang bertemu pada satu garis bubungan jurai dan dua bidang bertemu pada garis bubungan atas  atau  pada    Jika dilhat  terdapat  dua bidang berbentuk trapesium dan dua dua bidang berbentuk segitiga.

6. Atap Limas ( perisai )

Atap limas teridiri dari empat bidang atap, dua bidang bertemu pada satu garis bubungan jurai dan dua bidang bertemu pada garis bubungan atas  atau  pada    Jika dilhat  terdapat  dua bidang berbentuk trapesium dan dua dua bidang berbentuk segitiga.

7. Atap mansard

Bentuk atap ini seolah    –     olah terdiri  dari  dua  atap yang terlihat bersusun atau bertingkat. Atap mansard jarang digunakan untuk bangunan rumah di daerah kita, karena sebetulnya atap ini dibangun oleh pemerintah belanda saat menjajah di negara kita.

8. Atap Menara

Bentuk atap menara sam dengan atap tenda, bedanya atap menara puncaknya lebih tinggi sehingga kelihatan lebih lancip. Atap ini banyak kita jumpai pada bangunan – bangunan gereja, atap menara masjid dan lain –  lain.

9. Atap Piramida

Bentuk atap ini terdiri lebih dari empat bidang yang sama Bentuk denah bangunan dapat segi 5, segi 6, aegi 8 dan seterusnya,

10. Atap Minangkabao

Atap minangkabau seolah – olah berbentuk tandukpada tepi kanan dan Bentuk atap ini banyak kita jumpai di Sumatra.

11. Atap Joglo

Bentuk atap joglo hampir sama dengan atap limas tersusun sehingga atpnya seperti bertingkat. Atap ini banyak dibangun di daerah Jawa Tengah dan Jawa

12. Atap Setengah  Bola  (  Kubah  )

Bentuk  atap  melengkung  setengah  Atap ini banyak digunakan untuk bangunan masjid dan gereja.

13. Atap Gergaji

Atap ini terdiri dari dua bidang atap yang tidak sama Atap ini bisa digunakan untuk bangunan pabrik, gudang atau bengkel.

Artikel yang sama :
Jenis Filter Kolam Renang

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

 

ngurus imb gratis, Jenis – Jenis Bentuk Atap, Menghitung kapasitas kolam renang, gratis ngurus imb, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Jenis – Jenis Bentuk Atap, 10 Jenis Lantai Marmer, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb