Jenis Kisi-kisi Kayu beserta Fungsinya

Seiring perkembangan desain interior membuat kisi-kisi menjadi semakin popular saat ini. Berbentuk deretan kayu yang tersusun secara horizontal ini dahulunya digunakan sebagai penghalang sinar matahari secara langsung. Namun hingga kini penggunaan kisi-kisi diperuntukkan untuk sirkulasi udara di dalam ruangan dan juga dianggap  sebagai elemen estetis.

Umumnya kebanyakan ditempatkan pada eksterior, walaupun ada juga yang ditempatkan pada interior. Penempatan kisi-kisi pada hunian ini biasanya sudah tidak menempel pada dinding lagi, namun sudah menjadi dinding itu sendiri. Tidak hanya untuk dinding, mulai dari kanopi, ventilasi cahaya, hingga pintu garasi dapat diaplikasikan melalui kisi yang disusun secara luas (lebar).

Berikut adalah dertan fungsi dan penempatan kisi-kisi di rumah yang bervariasi.

1. Kanopi atau atap teras. Cahaya alami tetap masuk dengan baik namun tanpa menyilaukan pandangan.

2. Dinding atau sekat pada teras atau balkon. Meski sirkulasi udara tetap mengalir secara alami dan bebas namun ruang pribadi pada hunian tetap terjaga.

3. Pintu dan atap garasi. Baik pintu maupun atap yang terlihat dari luar sekan menyatu dengan fasad rumah.

4. Sekat pada koridor. Kisi-kisi sedikit ruang pribadi pada eksterior yang semisal memberikan akses masuk rumah.

5. Sirkulasi cahaya pada interior. Bias cahaya yang jatuh menciptakan corak yang menarik pada dinding.

Apapun, kisi-kisi sepertinya akan menjadi tren dan berikut dibawah ini ulasan desain kisi-kisi hunian yang bisa menjadi inspirasi sobat vector.

1. Kisi-Kisi Pada Hunian Rumah Minimalis

Ruang yang awalnya terasa sempit bisa berubah apabila salah satu dindingnya digantikan dengan kisi-kisi kayu. Menggunakan inspirasi dari Studio Verve Architects untuk sebuah flat di Bow Quarter, London. Kisi-kisi rumah yang cantik ini dibuat dari kayu Ipe Brasil yang saat ini sedang populer disana.

2. Kisi-Kisi Sebagai Cover Tangga

Bingung memilih desain railing tangga rumah agar tidak terlalu menyolok? Maka dari itu, cobalah untuk memberi cover kisi-kisi dari kayu. Bertujuan untuk mendapatkan kesan elegan sekaligus minimalis.

3. Kisi-Kisi Bertema Sliding Door

Inspirasi kisi-kisi rumah dari arsitek Reinach Mendonça Arquitetos Associados dari Brazil ini bisa menjadi gagasan jika ingin mencari sebuah pintu dengan partisi yang unik. Tema sliding door tentunya akan mempermudah dan tidak menghambat pemandangan luar.

4. Kisi-Kisi Sebagai Aksen Cahaya

Umumnya kisi-kisi akan memberikan kesan lapang dan segar, namun juga dapat menambah kesan artistic di dalamnya. Dengan permainan cahaya yang impresif dihadirkan, sudah pastinya menajdi nilai tersendiri. Karya arsitek Obra Blanca untuk sebuah rumah di Alvarado, Mexico, ini bisa menjadi salah satu inspirasi.

5. Kisi-Kisi Sebagai Pengganti Dinding Solid

Tidak peduli entah itu pada bangunan skala besar atau kecil, semua itu memang cocok apabila menerapkan kisi-kisi pada hunian. Inspirasi dari bangunan community center di Reinosa, Cantabria, Spanyol ini menampilkan secara masif berkat penerapan kisi-kisi minimalis pada dinding luarnya.

6. Kisi-Kisi Berpola Pada Fasad

Rancangan dari arsitek Manuel Herz, yakni Rural Senegal Hospital merupakan salah satu inspirasi untuk mengganti kisi-kisi solid tampak depan hunian menjadi fasad yang eksotik.

7. Kisi-Kisi Kontemporer Untuk Meredam Suara

Gedung Théâtre Jean-Claude Carrière di Montpellier pada negara Perancis ini, tidak hanya memiliki tampilan yang asyik dan impresif. dengan bentuk kisi-kisi yang menyerupai belah ketupat tersebut nyatanya berfungsi sebagai meredam suara dan gema yang tidak diinginkan.

Lalu, apakah sobat vector tertarik menambahkan kisi-kisi pada hunian rumah? Atau sudah menyiapkan hal-hal lain seperti mengganti penyekat solid rumah menjadi seperti salah satu inspirasi kisi-kisi pada artikel singkat ini? Jika iya, sobat dapat menghubungin kami lewat website resmi.