Perbedaan Alderon Galvalum dan Spandek

Perbedaan Alderon Galvalum dan Spandek

Pemilihan atap yang tepat sebelum melakukan kontruksi bangunan adalah hal yang harus di perhatikan. Tentunya material yang berada di pasaran sangat bervariasi dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Baik dari segi harga maupun spesifikasi yang diberikan. Dalam artikel ini, vector 41 akan berfokus pada pilihan material yang sangat banyak digunakan, yakni Galvalum, Spandek, dan atap Alderon RS Trimdeck.

Untuk lebih jelasnya, mari simak perbandingan antara Galvalum, Spandek, dan Alderon RS Trimdeck di bawah ini:

Bahan Baku

Terdiri dari jenis atap metal, Galvalum merupakan lempengan baja yang dilapisi dengan campuran aluminium, silicon, dan seng. Sedangkan Spandek umumnya terdiri dari aluminium dan seng. Keduanya masih termasuk dalam golongan material metal. Sebaliknya, material Alderon RS Trimdeck tidak mengandung komposisi metal, melainkan unsur chorine atau garampada.

Ketahanan terhadap Karat

Meski mengalami cuaca buruk, atap bermaterial Alderon RS Trimdeck tidak akan karena karat. Karena tidak mengandung komposisi metal di dalamnya, berbeda dengan Galvalum dan Spandek. Biasanya Galvalum dan Spandek kurang cocok digunakan pada bangunan pinggir laut, industri berat, dan lingkungan korosi lainnya. Untuk mengindari terjadinya korosi, biasanya permukaan atap dicat terlebih dahulu.

Daya Serap Panas

Karena material Galvalum dan Spandek mempunyai kompisi yang sama, sifatanya juga hampir serupa dalam menahan daya panas. Contohnya pada siang hari apabila sinar matahari sangat terik, maka suhu udara yang ada di dalam ruangan menjadi lebih panas.

Berbeda dengan Alderon RS Trimdeck terdiri dari komposisi uPVC yang dilengkapi oleh lapisan pelindung UV, melindungi dari sinar Ultra Violet dan cuaca yang tidak menentu. Hal tersebut membuat atap ini menjadi tahan lama, tidak mudah pecah, dan membuat warnanya tetap indah serta pudar dalam jangka waktu yang lama.

Peredam Suara

Alderon memiliki rongga udara. Rongga udara tersebut membantu mengurangi suara atau kebisingan, terutama saat hujan deras. Berbeda dengan Galvalum dan Spandek sangat tipis meredam, maka dari itu dapat  menimbulkan suara berisik dan mengurangi rasa nyaman para penghuni.

 Aplikasi

Galvalum, Spandek, dan atap Alderon memiliki struktur yang fleksibel, sehingga mudah dibentuk atau dilengkungkan sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Mungkin perbedaan dari masing-masing tiap material ini adalah pada pengaplikasiannya saja. Umumnya selain untuk atap kanopi, material Galvalum dan Spandek bisa diaplikasikan sebagai rangka partisi, struktur dinding, sekat ruangan, dan bahkan pagar. Hal yang berbeda dengan Alderon RS Trimdeck  yang biasa diaplikasikan sebagai atap kanopi teras, carport, dan pengganti atap utama.

Instalasi

Proses intalasi dari material ini masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Seperti pada material Galvalum dan Spandek, membutuhkan jasa profesional untuk melakukan instalasi. Mungkin harganya akan mahal karena penambahan biaya lagi untuk insulasi peredam panas dari sinar matahari. Namun hal itu malah berbanding terbalik dengan Alderon RS Trimdeck, intalasinya yang mudah dan dapat dilakukan secara sendiri tanpa perlu khawatir dengan biaya tambahan lainnya.

Ketebalan

Mungkin ada yang akan mengira jika ketebalan Galvalum dan Spandek adalah sama. Eitss.. tunggu dulu, nyatanya keduanya berbeda pada bagian ini. Galvalum, memiliki ukuran ketebalan yang banyak digunakan berkisar antara 0,4 mm – 1 mm. Sementara Spandek pad ukuran 0,3 mm – 0,5 mm. Nah untuk Alderon RS Trimdeck per lembar diantara 1,2 mm dan 1,45 mm.

Dilihat sekilas berdasarkan ukuran tersebut, Galvalum maupun Spandek tidak cukup baik dalam meredam suara dan juga menahan beban. Pada percobaan pun Alderon RS Trimdeck menunjukkan ketahanan pada saat dilindas mobil.

Itulah seputar perbedaan dan perbandingan antara Galvalum, Spandek, dan Alderon RS Trimdeck. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu para sobat vector dalam menentukan pilihan yang tepat untuk konstruksi bangunan dan hunian.

 

Artikel yang sama :
Mengenal Atap Alderon

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

Kegunaan Aluminium Foil Pada Atap Bangunan, ngurus imb gratis,Mengenal Atap Alderon, Mengenal Apa Itu Waterproofing, gratis ngurus imb,Ide membangun masjid, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, plaster tembok dengan mudah, artikel medan, 5 model pintu gerbang tropis, partisi dinding rumah klasik, model kanopi, model kanopi besi holo, model kanopi besi wf, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Mengenal Apa Itu Waterproofing, Kayu Terbaik Untuk Pintu, 10 Jenis Lantai Marmer, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, Molding Dinding Rumah klasik, Molding Dinding Rumah klasik, Mengenal Atap Alderon, imb medan murah, urus imb murah medan, 5 Model Jerjak Jendela Terbaru, jakarta, sumatra,Kegunaan Aluminium Foil Pada Atap Bangunan, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb