5 Jenis Pondasi Rumah

Pondasi rumah dan bangunan tidak dapat dibuat dengan cara sembarangan. Untuk itu, sangat penting mengetahui jenis-jenis pondasi di atas.Pondasi rumah yang dibuat secara asal-asalan akan berpengaruh pada ketahanan rumah tersebut. Pondasi sendiri terdiri dari beberapa jenis yang bisa Anda pilih.

Berikut ini adalah beberapa jenis pondasi rumah dan bangunan yang dapat diaplikasikan:

  1. Pondasi Rumah Jenis Tapak

Pondasi rumah tapak merupakan salah satu jenis pondasi yang biasanya digunakan untuk mendukung titik beban tunggal pada sebuah bangunan. Jenis pondasi ini umumnya dibangun dalam bentuk melingkar atau persegi. Selain itu, pondasi rumah tapak sering dibangun dalam struktur lapisan beton bertulang dengan ketebalan yang sama.

Jenis pondasi rumah tapak sangat cocok untuk bangunan tinggi yang berdiri di tanah yang lembek. Adapun keunggulan jenis pondasi ini yaitu memiliki galian tanah yang lebih sedikit dan harganya cukup murah. Selain itu, jenis pondasi ini juga lebih unggul dari pondasi rumah batu belah/kali.

  1. Pondasi Jenis Pelat Beton Lajur

Pondasi selanjutnya adalah dengan jenis struktur beton lajur. Pondasi tang satu ini biasanya digunakan bila luas penampang yang menggunakan pondasi pelat setempat terlalu besar.  Kelebihan dari pondasi jenis ini adalah dilihat dari segi harganya yang relatif murah. Selain itu sangat baik digunakan pada bangunan bertingkat, bahkan lebih andal jika dibandingkan dengan pondasi rumah jenis batu belah/kali.

  1. Pondasi Rumah Jenis Tikar

Jenis pondasi rumah tikar diperuntukkan untuk menyebarkan beban dari struktur atas area yang lebih luas. Penggunaan pondasi rumah ini biasanya dilakukan pada kondisi beban kolom atau beban struktural lain yang berdekatan dengan pondasi rumah dan saling berinteraksi.

Keunggulan dari jenis pondasi rumah ini adalah mampu mengurangi penurunan setempat dengan cara plat beton yang akan mengimbangi gerakan berbeda antara posisi beban. Biasanya, pondasi tikar ini digunakan pada kondisi tanah yang lunak atau longgar.

  1. Pondasi Rumah Jenis Sumuran

Jenis pondasi rumah sumuran adalah jenis pondasi dalam yang dicor di tempat dengan menggunakan komponen bahan bangunan beton dan batu belah sebagai pengisinya. Pondasi ini digali pada tanah, berdiameter 60-80 cm seperti menggali sumur dengan kedalaman mencapai 8 meter.

Keunggulannya, jika lokasi pembangunan jauh sehingga tidak memungkinkan dilakukan transportasi untuk mengangkut tiang pancang, maka pondasi rumah jenis sumuran ini merupakan pilihannya.

  1. Pondasi Rumah Jenis Tiang Pancang

Pondasi rumah jenis tiang pancang adalah suatu konstruksi pondasi yang mampu menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan menyerap lenturan. Kelebihan dari pondasi rumah tiang pancang ini adalah menjamin  mutu beton  karena dibuat dengan sistem pabrikasi.Selain itu, jenis pondasi ini bisa mencapai daya dukung tanah yang paling keras dari ujung tiang hingga sekeliling tiang.

Artikel yang sama :
Jenis Pondasi

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

arsitek nasional, Tenaga Perancang Dasar (Drafter), tokoh arsitek nasional, Penanggung Jawab Anggaran (Estimator), tokoh arsitek indonesia, 10 arsitek nasional terpopuler, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, Penanggung Jawab Proyek Konstruksi, Pengelola Penanggung Jawab (Manajemen), biaya overhead proyek, 5 Jenis Pondasi Rumah, 5 Jenis Pondasi Rumah, jenis overhead proyek, kontraktor dalam makna sebenarnya, profesi tukang bangunan, menghitung nilai PBB, arsitek yang sesungguhnya, mekanisme pemadatan tanah, 10 arsitek nasional terpopuler, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb