Instalasi Listrik 3 Phase

Instalasi listrik 3 Phase yang diberikan PLN kepada konsumen yang membutuhkan daya besar selalu dengan sistem 4 kawat. 4 Kawat tersebut terdiri dari 3 line phase dan 1 line netral.

Berdasarkan standarisasi simbol Indonesia, maka 3 phase tersebut diurutkan dengan notasi R, S dan T sedangkan 1 line netral diberi notasi N.

Kita dapat mengelompokkan instalasi dengan dua jalur, misalnya jalur penerangan dan jalur tenaga. Jalur penerangan bisa kita rencanakan menggunakan sistem 3 phase atau hanya dengan 1 phase agar mudah.

Instalasi penerangan dapat dikhususkan hanya untuk beban lampu, dengan harapan jika terjadi gangguan pada instalasi tenaga, maka penerangan tidak berpengaruh.

Untuk instalasi tenaga biasanya secara khusus dirancang dengan sistem 3 phase dengan sistem pengaman 3 pole serentak, misalnya menggunakan MCB 3 Phase.  Beban yang seperti ini biasanya diperuntukkan beban motor listrik 3 phase.

Dengan pengelompokan beban instalasi, maka listrik 3 phase yang kita miliki dapat dimanfaatkan untuk melayani komponen atau peralatan listrik dengan benar.

Sebagaimana kita ketahui bahwa jaringan listrik 3 phase tegangan rendah yang diberikan PLN kepada konsumen dengan tegangan antar phase adalah 380 Volt dan antara phase ke Netral adalah 220 Volt.

Jika jaringan listrik 3 phase yang kita harapkan dapat memenuhi sesuai keperluan peralatan, maka setidaknya direncanakan dengan benar dan mendekati seimbang. Agar jaringan dapat dibagi seimbang, maka instalasi penerangan dan tenaga hendaknya dibuat dan dirancang dengan 2 panel. Yaitu panel penerangan dan panel tenaga.

Artikel yang sama :
Instalasi Listrik

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, gratis ngurus imb, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb