Mengenal Konsep Smart House

Smart house adalah rumah yang dilengkapi dengan sarana dan fasilitas canggih sehingga membuat penghuni rumah merasa hidup lebih mudah dan praktis. Dalam smart house, konsep yang menjadi tulang punggungnya adalah otomatisasi dengan memakai beragam perangkat wireless, sehingga kendali rumah ada dalam satu genggaman.

Konsep otomatisasi misalnya, lampu ruangan akan mati dengan sendirinya ketika terdeteksi ada cahaya yang cukup, masuk ke menyinari ruangan tersebut. Atau air conditioner (AC) akan menyala otomatis ketika terdeteksi ada orang yang sedang beraktivitas di dalam ruangan tersebut. Sedangkan konsep penggunaan perangkat jarak jauh atau wireless seperti penggunaan aplikasi pada Smartphone untuk menyalakan TV dan menutup pintu.

Konsep smart house telah populer di negara-negara barat dan kemudian dibawa ke Indonesia oleh para developer agar bisa menarik konsumen terhadap produk properti yang mereka tawarkan. Tempat hunian yang canggih tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Namun dibalik canggihnya konsep smart house, tentu ada kelebihan dan kekurangnnya. Mari kita simak kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa kelebihan dari smart house, yaitu:

  1. Praktis dan mudah
  2. Hemat dan eisien
  3. Dapat mengontrol rumah dari jarak jauh.
  4. Tingkat keamanan yang tinggi

Adapun kekurangan dari smart house, ialah:

  1. Harga yang mahal
  2. Infrastruktur yang belum sempurna

Nah, itu tadi penjelasan mengenai konsep smart house. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memiliki rumah dengan konsep smart house?