Tahapan Pembuatan Kolam Renang

Berikut akan kami jelaskan tahapan pembuatan kolam renang:

A. Pekerjaan Persiapan, Galian dan Buang Tanah

Langkah pertama yang di kerjakan adalah mengeruk tanah galian, karena tanah yang dikeruk tersebut tidak terpakai lagi. Sehingga harus d buang ke tempat lain. Untuk pekerjaan ini memerlukan kendaraan untuk mengangkut tanah hasil galian.

Pekerjaan galian ini membutuhkan waktu 1 hari atau bahkan 3 hari, tergantung berapa besar kolam yang akan di bangun atau di perbaiki.

Dan untuk proyek besar kita akan membutuhkan bantuan mesin (excavator) untuk mengeruk semua bagian tanah kolam renang.

Pekerjaan ini meliputi:

  1. Persiapan alat kerja
  2. Gali tanah area kolam
  3. Buang tanah galian keluar lokasi sampai bersih

B. Pekerjaan Struktur

Langkah kedua adalah perancangan struktur dan sipil, yaitu  langkah awal pembuatan kolam renang seperti penanaman besi dan sebagainya.

  1. Pembuatan Lantai Kerja dengan Tebal 5 cm

Sebelum pembesian dan pengecoran untuk lantai dasar kolam renang, langkah awalnya adalah pembuatan lantai setebal 5cm ini dimaksudkan untuk pembentukan rangka dasar kolam renang.

Manfaat ini di maksudkan agar kolam renang kuat dan tidak bergeser jika terjadi perubahan tanah yang biasa di sebabkan gempa, dan pergeseran tanah.

2. Pekerjaan Penulangan dan Pembesian

Setelah membuat rangka dan lantai kolam renang, langkah selanjutnya adalah penulangan/pembesian.

Pekerjaan ini membutuhkan setidaknya 6 orang untuk membuat rangka besi atau menganam besi, sedangkan besi yang kita butuhkan untuk kolam renang adalah besi ulir yang mempunyai kualitas bagus. Pembesian ini biasanya membutuhkan 1 hari bahkan lebih untuk pengerjaannya, menyambungkan dengan rangka kolam renang yang telah dibuat sebelumnya.

3. Pekerjaan Pemipaan Sirkulasi atau Plumbing

Pemasangan pipa sirkulasi kolam renang sampai keruangan mesin, aliran pipa berada di bawah besi coran disusun sedemikian rupa seperti yang tersusun di rancangan kolam renang. Untuk kolam renang tipe overflow ada penambahan aliran pipa yaitu ke balancing tank, Pemasangan pipa sirkulasi kolam renang ini di perlukan ahlinya karena pemipaan ini tertanam di dasar kolam.

4. Pekerjaan Pengecoran Kolam

Tebal cor dinding finishing 20 cm dengan besi berdiameter 8mm dengan anyaman rangkap atau double jarak 20cm. Ketebalan sisi kanan kiri, dasar dan pinggir kolam harus diperhatikan.

sebelum memulai pengecoran ada baiknya anda memperhatikan kriteria cor beton yang benar :

  • Beton / coran harus mampu menahan beban (air) yang sangat berat, dalam hal ini kita harus benar-benar memperhitungkan kekuatan coran tersebut
  • Coran harus memiliki permukaan yang rata dan halus, sebab ini akan berpengaruh pada proses selanjutnya.
  • Penghitungan skala yang tepat, jumlah volume berat dan kekuatan coran beton harus sesuai, sebagai perbandingan biasanya untuk struktural coran dapat di komposisikan 1:2:3.
  • Pengadukan untuk coran beton dapat dilakukan secara manual, perhatikan warna dari adukan tersebut, jika berwarna hijau hasil adukan itu sudah merata dan sudah dapat di pakai.

5. Pembuatan Balok 20 x 40 di Sekeliling Kolam

Pembuatan balok dukung 20×40 di sekeliling kolam dengan besi ulur 13mm dan 8mm

6. Pekerjaan Water Proofing

Pelapisan Water Proofing menggunakan sika merk brushbond atau sika sistim Semen Base.

  • Pilih bahan untuk water proofing yang berkualitas bagus tidak mudah bocor / rusak, karena saat perawatan akan terasa sulit jika waterproofing nya rusak dan kolam akan mudah bocor.
  • Setelah membeli bahan water proofing ada baiknya anda periksa terlebih dahulu kemasannya, pastikan dalam kondisi bagus.
  • Gunakan sprayer / alat semprot khusus untuk water proofing yang bagus untuk memudahkan anda saat melakukan pengerjaan ini.
  • Bersihakan beton / coran terlebih dahulu, jangan sampai ada kotoran sekecil apapun saat pengerjaan water proofing dimulai.

C. Pekerjaan Finishing

  • Finishing dinding dan lantai biasanya menggunakan keramik ukuran 20×20.

Teknik pemasangan keramik dapat dilihat di https://vector41.com/tehnik-pemasangan-lantai-keramik/.

  • Finishing bibir kolam dengan batu alam andesit ukuran 30×30.

Artikel yang sama :
Jenis Filter Kolam Renang

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

ngurus imb gratis, gratis ngurus imb, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, 10 Jenis Lantai Marmer, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, imb medan murah, urus imb murah medan, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb