Jenis Material Atap Rumah

Jenis Material Atap Rumah

Indonesia adalah negara tropis maka perubahan iklim sangat berpengaruh pada jenis bangunan rumahnya. Rumah pada dasarnya berfungsi untuk melindungi seseorang dari panas dan dinginnya cuaca. Setiap bagian rumah masing-masing memiliki peranan penting, seperti halnya pada bagian atap. Atap merupakan bagian atau komponen yang harus ada dalam membangun rumah karena tanpa adanya atap, maka penghuni rumah akan merasakan langsung panasnya sinar matahari dan air hujan.

Seperti contohnya apabila musim hujan tiba, pasti semua orang berharap agar rumah yang menjadi tempat tinggal tidak mengalami kebocoran atau hal lain sebagainya. Oleh karena itu, pada saat membangun rumah hal yang perlu dipastikan adalah bagian atap. Pastinya tidak ada orang yang menginginkan memiliki atap yang bolong atau bocor pada saat selesai pembangunan.

Seiring perkembangan dari waktu ke waktu, teknologi produksi dalam dunia konstruksi dan material semakin berkembang pesat. Bahkan atap yang sejatinya hanya pelindung pada bagian paling atas rumah, kini bisa menjadi salah satu alasan rumah itu akan terlihat menarik atau tidak. Maka dari itu, pemilihan desain atap ini harus dilakukan dengan tepat agar dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Sekarang ini, para sobat vector dapat dengan mudah melakukan pemilihan atap berdasarkan bahan pembuatannya. Karena jenis atap saat ini sudah beraneka ragam, sesuai dengan kebutuhan dan keawetan yang dimiliki. Simak rangkuman di bawah ini!

1. Atap Kaca

Atap kaca (skylight), atap ini biasanya ditemui pada rumah-rumah modern dengan sistem pencahayaan minimal yang hanya mengandalkan sinar matahari untuk hampir seluruh ruangan. Sinar matahari yang tembus akan membuat pencahayaan ruangan terlihat lebih alami dibandingakan dengan efek cahaya yang diberikan lampu.

2. Atap Tanah Liat

Hampir kebanyakan masyarakat menggunakan atap dari atap tanah liat, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Atap tanah liat ini masih menjadi pilihan pertama masyarakat ketika ingin membeli genteng di toko bangunan. Hal ini disebabkan karena harganya murah dengan kualitas cukup baik.

3. Atap Metal

Pemasangan yang mudah dengan ukuran yang ringan membuat atap metal menjadi pilihan selanjutnya. Selain karena harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan atap yang berbahan beton dan keramik. Atap genteng metal ini pun memiliki keistimewaan, karena terbuat dari bahan daur ulang, atap genteng metal sangat ramah lingkungan dan dapat didaur ulang lagi saat perlu

4. Atap Beton

Selanjutnya atap beton yang menjadi salah satu jenis atap yang populer dan banyak diminati. Dengan penampilannya yang sedikit simple namun menarik, atap beton ini juga dikenal sebagai salah satu bahan yang paling tahan lama. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan atap non beton untuk rumahnya.

5. Atap Keramik

Atap keramik umumnya mudah ditemukan pada rumah-rumah yang memiliki usia cukup lama. Atap keramik ini sangat digemari karena memiliki beberapa keunggulannya seperti ketahanan tinggi, tahan terhadap api, tahan benturan keras, memiliki usia pakai yang panjang, dan cocok untuk restorasi bangunan tua.

6. Atap Seng

Dan yang terakhir adalah atap seng, material ini termasuk dalam kategori besi dengan bentuk lembaran yang seperti gelombang. Material ini kerap digunakan sebagai bahan bangunan dan juga sebagai atap rumah dikarenakan harganya yang lebih murah dan ringan.

Artikel yang sama :
 Konsep Interior Rumah Terhits

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

Jenis Material Atap Rumah, ngurus imb gratis, gratis ngurus imb,Ide membangun masjid, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, desain rumah medan, artikel medan, 5 model pintu gerbang tropis, partisi dinding rumah klasik, model kanopi, model kanopi besi holo, model kanopi besi wf, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, 10 Jenis Lantai Marmer, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, Molding Dinding Rumah klasik, Molding Dinding Rumah klasik, imb medan murah, urus imb murah medan, 5 Model Jerjak Jendela Terbaru, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]