Karakteristik Hunian Tropis Modern

Dikenal sebagai kawasan tropis di Asia, membuat Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit di dunia. Apabila ingin menelusuri hunian rumah para penduduknya, maka kamu dapat melihat pemandangan bergaya minimalis tropis. Sepintas pengaplikasian konsep ini cukup simpel dan bahan yang digunakan pun juga mudah untuk ditemukan. Kayu merupakan material fitur utama yang nantinya  memberikan nuansa santai dan lebih dekat dengan alam.

Penasaran, bahan dan desain seperti apa yang kamu butuhkan untuk menghadirkan atmosfer tropis untuk hunian tercinta? Yuk, ketahui dulu karakteristiknya berikut!

1. Memiliki Atap yang Miring

Tanpa perlu menjelaskan secara lebih rinci apa kegunaan dari atap, tentunya semua orang sudah paham arti dari keberadaannya. Pada hunian tropis modern penggunaan atap miring biasanya memiliki kemiringan 30 derajat atau bahkan lebih, dengan langit-langit yang setinggi 2,5 – 3 meter.

2. Banyak Ventilasi

Menghadirkan ventilasi di dinding pada hunian tentunya berguna sangat baik untuk proses sirkulasi udara. Selain itu dapat menghindari serangan jamur pada dinding dan perabotan agar jauh dari lembab. Rumah tropis modern seringnya menggunakan ventilasi silang (cross ventilation) dan membuat pencahayaan alami  masuk dengan mudah ke seluruh penjuru rumah.

3. Warna Netral

Biasanya warna yang digunakan adalah pastel. Tetapi ada juga yang menggunakan warna yang selaras dengan alam, seperti putih, coklat, abu-abu, dan lainnya. Sangat jarang sekali menggunakan warna mencolok, untuk menghindari kesan yang tidak nyaman.

4. Konsep Open Space

Konsep open space sudah menjadi ciri khas pada beberapa hunian seperti tropis modern yang satu ini. Aspek-aspek yang terdapat didalamnya menggambarkan kebebasan, keakraban tanpa dibatasi oleh sekat-sekat yang akhirnya akan membuat aktivitas terganggu.

5. Didominasi Material Alami

Dengan semboyan konsep yakni “kembali ke alam”, tentunya kamu juga menghadirkan material alami yang dapat digunakan seperti kayu, bambu, batu alam dan barang-barang daur ulang. Tidak harus baru, material bekas dan masih layak digunakan juga bias dipakai untuk menampilkan hunian tropis yang menarik dan unik.

Tips Mudah Dekorasi Rumah Tropis Modern

1. Mengadirkan Tanaman Merambat

Hal yang pertama dilakukan adalah menanam tanaman rambat yang menjuntai dari lantai atas ke bawah. Hal itu akan memberi kesan rumah tropis yang sejuk dan menyegarkan. Tidak perlu repot dengan menanamnya, karena ada banyak dekorasi tanaman yang sudah jadi dan sudah dapat diaplikasi.

2. Tambahkan Tanaman ‘Tropis’

Sudah tentu pemilihan tanaman tropis pada hunian ini adalah pohon palem hias. Hal ini berkesan untuk membuat hunian menjadi tampak lebih segar dan hidup. Sentuhan warna hijau dari tanaman yang juga berasal dari negara tropis dapat menjadi elemen dekoratif yang alami, serta mampu membuat tampilan hunian jadi lebih ‘komplit’. Namun apabila tidak menyukai pohon palem hias bisa diganti dengan kamboja, geranium, pandan bali, dan lain-lain.

3. Jendela Kaca Besar dan Pintu Geser

Pastinya memiliki biaya yang tidak sedikit untuk membuat jendela kaca besar dan sliding door pada hunian. Walaupun cukup dengan memiliki 2 atau 3 jendela kaca yang memnguras kantong. Tetapi efeknya sudah membuat ruangan terlihat luas dengan cahaya yang masuk lebih banyak. Tidak lupa tambahkan gorden berbahan voile yang tipis agar memperkuat tampialn elegan dan minimalis.

4. Ganti Keramik dengan Lantai Kayu

Jika ingin memperkuat konsep tropis, kamu bias mengganti lantai keramik dengan lantai kayu. Seperti yang dikatakan pada sebelumnya, menambahkan material alami tidak hanya dengan furniture saja, namun bias juga dengan penggunaan lantai kayu. Dan tentunya memeberikan efek yang sangat besar pada hunian. Walaupun lantai kayu memang memiliki jenis lantai yang berbeda dan harganya yang mahal, tapi itu bukan halangan.