Plaster Tembok dengan Mudah

Plaster Tembok dengan Mudah

Plaster Tembok dengan Mudah, Ketika hendak membangun sebuah hunian rumah atau bangunan lainnya, pastinya kita akan menempuh beberapa tahapan. Misalnya pada tahapan terakhir yaitu penyelesaian dinding bangunan. Tetapi sebelum itu, apakah sobat vector tau apa yang dimaksud dengan dinding bangunan?

Dinding adalah struktur bangunan yang dibuat secara vertikal berguna untuk membatasi suatu area tertentu dari area lainnya. Dinding ini mempunyai beberapa fungsi seperti menyokong atap dan langit-langit, membagi ruangan, serta melindungi terhadap intrusi dan cuaca. Secara struktural dinding dibedakan menjadi 3 jenis bagian utama yaitu dinding bangunan, dinding pembatas (boundary), serta dinding penahan (retaining).

Lalu apa yang dimaksud dengan plester? Bagaimana cara pengaplikasiannya? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak artikel yang satu ini!

Apa Itu Plester?

Plester adalah bahan bangunan yang digunakan sebagai pelapis perlindungan atau dekoratif untuk dinding dari plafon serta untuk mencetak elemen dekoratif. Atau secara singkatnya adalah tahap penyelesaian dinding.

Plester dinding sebenarnya merupakan tahap finishing yang bertujuan melapisi dinding rumah dengan sejumlah material (beton, batu bata merah, atau batako) dengan lapisan pasir yang dicampur dengan semen agar terlihat lebih rapi. Singkatnya, memplester dinding adalah merekatkan semen ke dinding bata yang sudah dibuat hingga menghasilkan permukaan rata dan halus.

Untuk mendapatkan hasil plester yang baik sesuai dengan keinginan, ada beberapa bahan yang perlu untuk dipersiapkan, yakni:

  • Air
  • Pasir
  • Semen
  • Benang
  • Raskam
  • Jidar
  • Meteran
  • Sendok
  • Cangkul
  • Ayakkan .
  • Tangga
  • Ember
  • Kertas pasir.

 

Adapun langkah-langkah, yakni :

  1. Pastikan dinding sudah kering dan sudah siap untuk ditempeli adukan semen.
  2. Hindari kotoran, debu, minyak atau benda mengganggu lainnya yang akan dapat mempengaruhi kemampuan semen ketika merekat.
  3. Susun batu bata atau batako pada area yang akan dibuatkan dinding bangunan. Pastikan batako yang di susun secara lurus dalam posisi yang zigzag.
  4. Siapkan adukan plesteran dari campuran pasir, semen, dan air dengan perbandingan sesuai arahan pada kemasan sak semen. Biasanya perbandingan 1:3 hingga 1:5. Dalam hal ini perlu diperhatikan secara teliti seperti mengayak pasir terlebih dahulu agar tidak adanya kotoran yang menempel, yang menyebabkan permukaan dinding tidak rata (menggumpal).
  5. Para area dinding yang akan di plester siapkan benang atau kawat. Hal ini bertujuan untuk membatasi ruang kerja di dinding sehingga dapat fokus pada satu bidang dalam suatu waktu. Umumnya ketebalannya antara sekitar 1,5-3 cm dengan tetap memperhatikan faktor rata dan tegaknya benang.
  6. Untuk memastikan permukaan plester benar-benar rata, gunakan jidar secara teratur.
  7. Lakukan penyiraman air pada seluruh dinding.
  8. Terapkan sistem tumpang lapis dengan cara menempelkan dan melempar adonan plester kemudian dan menambal pada bagian yang kurang (tipis). Ratakan semua bagian terplester menggunakan mistar kayu yang lurus dengan panduan kepala plester agar hasilnya rata.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Plester Dinding

Kelebihan dari plester dinding adalah bangunan rumah tahan terhadap air hujan dan cuaca panas dari sinar matahari. Plester dinding juga memiliki tampilannya yang halus, bersih, dan memberikan kesan rapi.

Tetapi plester dinding memiliki beberapa kekurangan, yakni:

  1. Dinding yang diplester mudah rusak. Seperti pada guncangan gempa bumi, dinding mudah retak.
  2. Apabila bagian dinding tidak mendapatkan cahaya matahari, maka rawan muncul lumut dan jamur.
  3. Bila tidak dijaga dengan baik, lapisan terplester bisa dengan mudah terkelupas.

 

Dengan mengikuti cara-cara yang di atas, sobat vector dapat memplester tembok (dinding) dengan mudah. Semoga informasi kali ini bisa membantu para sobat semuanya.

Artikel yang sama :
 Konsep Interior Rumah Terhits

Perhatikan ketentuan layanan kami di :

Ketentuan Layanan Vector 41

Jenis Material Atap Rumah, ngurus imb gratis, gratis ngurus imb,Ide membangun masjid, 10 Jenis Marmer Terbaik,10 Jenis Marmer Terbaik, plaster tembok dengan mudah, artikel medan, 5 model pintu gerbang tropis, partisi dinding rumah klasik, model kanopi, model kanopi besi holo, model kanopi besi wf, Kayu Terbaik Untuk Pintu, Kayu Terbaik Untuk Pintu, 10 Jenis Lantai Marmer, imb medan, cara ngurus imb, imb medan, biaya ngurus imb, Molding Dinding Rumah klasik, Molding Dinding Rumah klasik, imb medan murah, urus imb murah medan, 5 Model Jerjak Jendela Terbaru, jakarta, sumatra, vector 41 medan vector 41 vector41 medan medan imb imb VECTOR 41 – Tata Cara dan Persyaratan Pengurusan IMB pengurusan imb pengurusan-imb[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]